Tak Cuma Candi, Magelang pun Suguhkan Perpaduan Kopi dan Batik yang Indah

Kopi merupakan hasil kekayaan alam yang banyak tersebar di Indonesia. Semenatara batik merupakan hasil kerajinan tangan masyarakat Indonesia yang mempunyai ciri khas berbeda setiap daerah. Namun bagaimana jika dua kekayaan Indonesia ini digabungkan?

Ya, hasilnya akan menjadi batik bermotif kopi dan bisa ditemukan di Losari, Magelang, Jawa Tengah. Desa Losari sendiri memang sangat terkenal dengan perkebunan kopinya yang terhampar luas, hal inilah awal mula yang terciptanya batik bermotif Kopi khas Losari.

Baca juga:
Mau Berenang di Air yang Sebening Kaca ya Cuma di Sendang Maren
Jalan-jalan ke Candi Pawon, Kurang Afdol Kalau Belum Minum Kopi Luwak

Bermula dari 2008 silam, di mana ada pelatihan membatik tulis yang diberikan pemerintah desa Losari kepada masyarakat sekitar, khususnya ibu rumah tangga. Usai pelatihan tersebut, warga Losari pun sudah bisa membuat batik sendiri di rumahnya masing-masing dengan berbagai motif. Namun warga pun sudah memiliki motif yang khas dan menjadi identitas Losari yakni motif batik kopi pecah.

Keunikan dari motif batik Losari ini berbentuk dedaunan kopi, bunga hingga buah kopi. Warna dari motif batik ini mirip dengan batik pesisir yang memiliki warna cerah seperti hijau, biru, ungu, coklat dan warna-warna lainnya.

Salah satu, tempat produksi batik motif Kopi Pecah khas Losari ini terdapat di Sanggar Batik Eyang Mas Ayu. Setiap harinya puluhan warga Desa Losari, membatik ditempat tersebut untuk memproduksi batik. Warga pun membuat batik dengan cara tulis dan cetak.

Biasanya Batik Kopi Pecah ini dijual dengan harga IDR250 ribu sampai IDR500 ribu untuk batik tulis ukuran 2,5 m. Sementara untuk batik cetak harganya lebih murah dari IDR100 ribu hingga IDR150 ribu dengan ukuran yang sama.

Bagi anda para pecinta kopi belum lengkap rasanya jika tidak memiliki Batik Kopi Pecah khas Losari ini. Sayangnya batik ini belum bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko atau pasar pakaian yang ada di Kota Magelang. Hal ini dikarenakan jumlah produksinya belum terlalu banyak dibandingkan jenis batik lainnya.

Bila anda ingin mendapatkan Batik Kopi Pecah ini bisa langsung datang ke Desa Losari, Magelang dan menuju Balai Desa Losari ataupun Sanggar Batik Eyang Mas Ayu untuk mendapatkan batik ini. Anda tidak akan menyesal membeli Batik Kopi Pecah ini karena motifnya sangat unik dan berbeda dari pada lainnya.

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *