Tampil Stylish  dengan Scarf atau Syal Batik

Seiring perkembangan dunia mode, inovasi dalam kreasi batik juga makin beragam. Tak hanya dalam pakaian “ready to wear”, batik juga dikreasikan dalam bentuk aksesoris. Ragamnya juga bermacam-macam mulai dari tas, sepatu, bandana, kalung, anting, selendang, pashmina, hingga syal dan scarf.

Memasuki musim penghujan, syal atau scarf batik mungkin bisa menjadi salah satu aksesoris andalan yang bisa menampilkan kesan kekinian tetapi juga menghangatkan.

Scarf atau syal batik pun sekarang semakin beragam motif dan mereknya. Kalau ingin yang kekinian, mungkin pembaca batikplatform bisa coba tiru para influencer. Seperti Dian Sastro yang terlihat dengan syal motif Sejauh Mata Memandang di film AADC 2, atau scarf batik etnik Solo yang dipakai Chelsea Islan, Titi Rajo Bintang, Olivia Jensen dan Tatjana Saphira milik Batik Scarves for Charity by Yayasan Let’s Share.

Baca juga:
Baca Tips Ini, Tidak Akan Lagi Kebingungan Pakai Batik untuk Kerja
Tidak Selamanya Batik Oldskull, Ikuti Tips Ini Supaya Lebih Fashionable

Tak hanya di dalam negeri, scarf batik ternyata sedang cukup diminati di beberapa negara untuk menemai di musim gugur dan musim dingin. Termasuk di antaranya di Amerika Serikat. Namun pasar potensial ini masih perlu banyak pengembangan dari pengusaha asal Indonesia.

“Terdapat pasar potensial bagi batik Indonesia di AS, yang hanya dapat dikembangkan dengan meningkatkan pemahaman publik AS terhadap batik”, ujar Konsul Jenderal RI di Chicago Rosmalawati Chalid, akhir Oktober lalu.

Selain disampirkan melebar di bahu, disampirkan memanjang ke bawah badan, atau dengan French Twist  di leher, ternyata ada banyak kreasi syal atau scarf batik yang bisa dicoba teman-teman Batikplatform. Empat di antaranya adalah:

Bolero

Pilih scarf batik segi empat, kemudian pertemukan sisi ujung atas scarf dengan sisi ujung bawah scarf, lalu ikat. Lakukan di sisi kiri dan kanan.

Harem Pants

Pilih shawl atau kain panjang, kemudian gunakan bagian lebar kain untuk melilit pinggang. Ikat kedua sisi kain ini di depan pinggang. Lalu ambil sisi bagian bawah, lalu tarik ke bagian depan di antara kedua kaki. Langkah berikutnya, tarik sampai sebatas pinggang, kemudian ikat di bagian belakang pinggang.

Sun Top

Pilih syal batik segi empat yang besar dan lentur, kemudian ikat kedua ujung shawl di belakang leher. Namun hindari mengikatnya terlalu kencang, pastikan masih ada celah antara leher dan kain. Kemudian gulung bagian bawah sampai batas pinggang. Terakhir, ikat bagian belakang kain sampai kencang. Model ini mirip baju dalaman backless.

Tahiti

Bagi dua syal batik persegi panjang sesuai lingkar dada. Kemudian ikat kedua sudut kain di bagian depan atas dada. Lalu, pilin sisa kain, ikat sisa kain dari bagian belakang dada ke belakang leher membentuk simpul.

 

Penulis: Ryani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *