Pecinta Kopi Tak Boleh Lewatkan Festival Ngopi Sepuluh Ewu di Banyuwangi yang Mengesankan

Ngopi saat ini memang telah menjadi sebuah aktivitas yang telah banyak digemari banyak kalangan. Sambil ngobrol ke sana kemari, ngopi bisa menjadi sebuah kegiatan pelepas jenuh dan penat. Nah bagi para pecinta kopi maka ada sebuah event yang tak boleh dilewatkan. Event ini bernama Festival Ngopi Sepuluh Ewu yang digelar di Banyuwangi, Jawa Timur.

Dinamakan Festival Ngopi Sepuluh Ewu karena ada sajian sedikitnya 10 ribu cangkir kopi yang dihadirkan untuk para pengunjungnya secara gratis. Festival Ngopi Sepuluh Ewu yang digelar di Desa Adat Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi ini sudah ada dan digelar sejak tahun 2014.

Baca juga:
Suka Kopi? Yuk, Kenalan dengan Kopi Liong Bulan Asal Bogor yang Melegenda
Liburan ke Banyuwangi? Jangan Lupa Datang ke Wisata Agro Ini

Ngopi bagi masyarakat Desa Kemiren memang bukan sekedar minum kopi biasa. Sebab di sini minum kopi sudah menjadi tradisi yang turun temurun. Bahkan dalam tradisi ngopi di Desa Kemiren ini ada filosofi gupuh (binggung), lungguh (duduk), suguh (menyuguhkan) saat kedatangan tamu atau teman ngopi. Selain itu tradisi ngopi di Desa Kemiren ini punya semboyan tersendiri yakni “sak corot dadi saduluran” yang artinya sekali seduh kita bersaudara.

Nah semua yang ada dalam tradisi ngopi di Desa Kemiren ini akan bisa kita rasakan dalam Festival Ngopi Sepuluh Ewu. Jadi saat event ini digelar, sepanjang jalan utama Desa Kemiren sejauh 1 km akan didapati rumah-rumah penduduk yang menyuguhkan kopi using dan aneka jajanan tradisional Banyuwangi untuk dinikmati secara cuma-cuma.

Aktivitas ngopi dalam event Festival Ngopi Sepuluh Ewu ini bisa Anda rasakan sangat semarak karna tempatnya berada di halaman rumah dan dipercantik dengan cahaya oncor (obor) bambu. Menariknya lagi dalam Festival Ngopi Sepuluh Ewu di Desa Kemiren ini kita bisa mendapati cangkir kopi yang mempunyai bentuk dan motif yang seragam di semua rumah.

Saat Anda duduk di salah satu halaman rumah maka sang tuan rumah akan menyambut Anda dengan ramah dan juga akan mengajak ngobrol Anda sembari menikmati suguhan kopi dan aneka jajanan. Dari sini maka suasana akrab dan guyub pun akan tercipta. Tentu dari suasana yang dihadirkan di Festival Ngopi Sepuluh Ewu ini akan membuat Anda terkesan dan akan memberikan pengalaman ngopi tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *