Mau Lihat Cantiknya Bintang dengan Jelas? Datang Saja ke Taman Cerdas Surawisesa

Purwakarta terus menunjukkan kapabilitasnya sebagai kota edukasi dan wisata. Setelah menghadirkan Taman Sri Baduga Situ Buleud dengan sajian air mancurnya yang terbesar di Asia Tenggara, kini ada satu lagi sajian menarik yang bisa kita nikmati di Kota Purwakarta, yakni Taman Cerdas Surawisesa.

Taman yang dibangun sejak tahun 2013 dan telah dibuka untuk umum pada 4 November 2017 tersebut menghadirkan banyak suguhan edukasi kepada para pengunjungnya, terutama untuk anak-anak usia TK dan SD.

Baca juga:
Genye, Seni Gerak Nyere Asal Purwakarta yang Penuh Makna
Menong, Souvenir Khas Purwakarta Berwujud Sosok Perempuan Cantik

Dengan luas mencapai 1,5 hektar, Taman Cerdas Surawisesa memang lebih tepat dikatakan sebagai taman edukasi jika kita menelisik apa yang disajikannya. Bahkan, nama Surawisesa diambil dari nama senopati Kerajaan Padjajaran yang amat cerdas.

Di sini pengunjung bisa mempelajari ilmu pengetahuan alam, termasuk bidang astronomi. Di Taman Cerdas Surawisesa ini kita bisa melihat atau meneropong bintang degan dukungan fasilitas teropong bintang Celestron GT 90.

Selain itu, tersedia juga layar videotron berukuran 8 x 6 m. Dari videotron ini pengunjung bisa melihat film-film edukasi yang bermanfaat seperti film tentang flora-fauna, film tentang kehidupan manusia dan juga film sejarah dan teknologi.

Untuk menikmati jajaran film ini, pengelola taman edukasi telah menyediakan panggung dan juga deretan kursi yang nyaman dan bisa menampung sekitar 1.000 orang. Di panggung  ini juga kita bisa menyaksikan beberapa pertunjukkan yang ditampilkan anak-anak Purwakarta pada waktu tertentu.

Fasilitas lain yang bisa dijumpai di Taman Cerdas Surawisesa adalah toilet, tempat duduk, air mancur mini dan juga air siap minum.

Menariknya, untuk menikmati semua sajian yang ada di Taman Cerdas Surawisesa ini Anda tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Wiatawan bisa mampir di sebelah Utara dari Taman Sri Baduga Situ Buleud atau tepatnya di Jl. K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *