Pacu Adrenalin dengan Berselancar Malam di Pantai Betuas

Pernahkah Anda menikmati berselancar pada malam hari? Jika tidak, Anda bisa mencobanya di Pantai Betuas, Bali. Pantai ini merupakan salah satu dari empat titik pantai yang termasuk dalam Pantai Keramas.

Pantai cantik ini tepatnya berada di Jalan Pantai Betuas, Desa Keramas, Blahbatuh, Gianyar. Lokasinya persis bersebelahan dengan Pantai Maseceti yang berada di Desa Medahan.

Seperti kebanyakan pantai yang terdapat di Kabupaten Gianyar, Bali, Pantai Betuas memiliki pasir berwarna hitam.

Baca juga:
Tempat Ngopi Paling Mengesankan di Ubud Itu Bernama Bali Pulina
Inilah Desa Adat Terbersih se-Dunia yang Ada di Bali

Sebenarnya pantai ini masih belum terlalu dikenal oleh turis lokal. Namun bagi turis mancanegara, Pantai Betuas merupakan destinasi wajib saat ke Bali, apalagi buat mereka yang kecanduan olahraga selancar, menikmati berselancar saat malam hari merupakan suatu tantangan tersendiri.

Tidak seperti pantai lain di Bali, Pantai Betuas relatif lebih sepi dan nyaman sehingga terasa lebih eksklusif.

Karena Pantai Betuas masih masuk dalam dalam Pantai Keramas, karakteristik pantainya hampir sama dengan memiliki ombak yang bagus bagi peselancar. Pada malam hari, ombak di Pantai Betuas ini menjadi lebih bagus dan tinggi untuk berselancar.

Wisatawan yang datang ke pantai ini, terkadang berselancar sampai tengah malam jika ombak sedang bagus. Menaklukkan ombak di Pantai Betuas juga didukung dengan adanya lampu sorot yang sengaja disediakan supaya turis bisa berselancar dengan tenang.

Udara dingin di saat malam pun tak menjadi soal bagi para turis yang ingin berselancar. Selain itu, harga sewa papan seluncur di Pantai Betuas lebih terjangkau dibandingkan pantai di Bali lainnya, hanya sekitar Rp 150 ribu.

Pada siang hari, Pantai Betuas sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Biasanya di waktu pagi hingga sore hari bibir pantai sering dijadikan tempat arena bermain pasir bagi anak-anak, khususnya anak-anak turis asing.

Menjelang malam banyak sekali ditemukan para pengunjung yang berjogging ria di bibir pantai, karena area pantai yang cukup panjang.

Terletak di Kabupaten Gianyar, Pantai Betuas tidak bisa dijadikan tempat untuk melihat matahari terbenam. Cantiknya sang surya baru terlihat saat ia terbit di pagi hari. Bila ingin menikmati pemandangan matahari terbit di Pantai Betuas datanglah pada pukul 05.00 WITA.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai ini sebaiknya tidak melakukan kegiatan berenang ataupun mandi. Selain memiliki ombak yang tinggi, arus laut di sekitar Pantai Betuas sangat kuat, sehingga sangat membahayakan bagi yang ingin berenang, terutama bagi mereka yang bukan peselancar dan tidak bisa berenang.

Jika tertarik pergi ke Pantai Betuas, anda bisa menempuhnya dengan jarak sekitar 38 km dari Bandara I Gusti Ngurah Rai atau membutuhkan waktu 50 menit berkendara. Sebaiknya menggunakan kendaraan sewaan seperti mobil  atau motor.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *