Tampil Casual atau Chic dengan Jumpsuit Batik

Sewaktu kecil, anda dan saya mungkin pernah dipakaikan terusan bercelana atau kerap dikenal dengan celana monyet. Pakaian ini bisa digunakan baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Tetapi item pakaian ini ternyata tak hanya dipakai anak kecil. Orang dewasa, utamanya perempuan kerap terlihat menggunakan terusan bercelana ini, yang lebih dikenal dengan jumpsuit.

Sejarahnya, jumpsuit secara harafiah merupakan pakaian untuk terjun, biasa digunakan untuk para penerjung payung dan skydiver. Di tahun 1980-an barulah pakaian ini dimodifikasi dengan tampilan lebih cantik menjadi item fashion.

Baca juga:
Baca Tips Ini, Tidak Akan Lagi Kebingungan Pakai Batik untuk Kerja
Kain Batik untuk Menghias Rumah, Kenapa Tidak? Baca Tips Ini

Beberapa perancang terkenal seperti Stella McCartney dan Marc Jacobs pernah memasukkan jumpsuit dalam koleksinya.

Di masa kini, jumpsuit dikreasikan dengan aneka bahan dan model. Ada yang tak berlengan, berlengan, atau dengan kerah V dalam. Sebagian besar tetap menggunakan inner (dalaman). Batik pun termasuk menjadi salah satu bahan yang dikreasikan menjadi jumpsuit. Tak hanya untuk formal, jumpsuit batik bisa dipadupadankan untuk tampilan casual untuk santai atau bepergian.

Kalau para pembaca Batikplatform tertarik mencoba padu padan dengan jumpsuit batik, berikut beberapa tips  padu padan jumpsuit batik untuk gaya casual atau chic:

Pelengkaerpenting: Alas Kaki

Jumpsuit batik butuh padanan alas kaki yang cocok dengan plihan gaya. Kalau mau tampil casual, pilihlah sneaker atau sepatu kanvas, tetapi utamakan berwarna polos netral seperti putih atau cream.

Kalau mau tampil chic di pesta formal, jumpsuit batik lebih cocok dengan high heels, utamanya dengan pointy heels. Selain membuat kaki lebih jenjang, high heels bisa menolong jatuhnya jumpsuit di badan lebih pas bagi mereka yang bertubuh mungil.

 Pakai Inner Polos Supaya Fokus Lebih ke Motif Batik

Salah satu yang ingin ditampilkan seseorang ketika memakai batik adalah memperlihatkan motifnya.  Tak terkecuali dengan jumpsuit. Ketika memakai jumpsuit batik hindari tabrak motif dengan dalaman warna polos. Jika anda berhijab, selain dalaman lengan panjang, mungkin juga tetarik untuk memakai luaran lagi berwarna polos kalau jumpsuit terlalu membentuk tubuh.

 Aksesoris atau Tak Pakai Aksesoris?

Jumpsuit batik biasanya sudah cukup ramai. Sehingga kalau ingin menggunakan aksesoris yang agak ramai hindari di area sekitar dada. Kalau anda ingin menggunakan kalung, bros atau ikat pinggang, sebaiknya dengan warna netral dan tidak terlalu mencolok.

Jika ingin aksesoris yang lebih stand out, pilihlah aksesoris anting. Tapi usahkan padanan warnanya masih serupa dengan warna batiknya. Statement earring tidak hanya cocok untuk gaya formal. Dipadankan dengan sneaker pun tetap masuk.

Jadi, mau pilih gaya formal atau casual? Well, sesuaikan saja dengan kebutuhan teman-teman ya.

 

Penulis: Riyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *