Inilah 5 Daerah di Indonesia Penghasil Tembakau Kelas Dunia

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya, Indonesia juga dikenal sebagai penghasil tembakau terbesar dan terbaik di dunia. Karena kualitasnya yang baik maka komoditas tanaman “emas hijau” dari Indonesia ini sering menjadi buruan oleh di pasaran mancanegara.

Menariknya lagi tembakau yang ada di Indonesia ini memiliki kekhasan cita rasa pada masing-masing daerah penghasilnya. Berikut ini beberapa daerah penghasil tembakau kelas dunia di Indonesia.

Baca juga:

Klobot, Rokok Tradisional Khas Nusantara dari Kulit Jagung yang Semakin Terpinggirkan

Mengabadikan Budaya Kretek dalam Batik Kretek

Deli

Daerah di Sumatera Utara ini sudah lama dikenal sebagai penghasil tembakau berkualitas tinggi sejak masa kolonial. Bahkan pemerintah kolonial Belanda menggelar program kerja paksa untuk menanam tembakau.

Dengan cita rasanya dan aromanya yang gurih dan sedap, tembakau Deli yang dipakai sebagai pembungkus cerutu seharga 150 Euro per kilogram di pasaran Eropa. Dari harga tinggi inilah maka penulis Karl J. Pelzer menyebut tanah Deli sebagai ‘Dollar Land‘.

Temanggung

Di kota kecil Jawa Tengah ini kita bisa mendapati sebuah tembakau bernama Tembakau Srintil. Dengan bentang alam yang subur berupa deretan pegunungan Sindoro dan Sumbing, Temanggung mampu menghasilkan tembakau  yang sangat berkualitas dan dicintai para penggemar rokok.

Lombok

Sentra tembakau Lombok berada di Dusun Senang, Desa Suntalangu, Lombok Timur. Tembakau dari Lombok dikenal dengan sebutan Tembakau Senang . Ciri utamanya adalah warna kuning gading jika telah kering dan beraroma harum.

Pamekasan

Kabupaten di Madura juga punya tembakau khas bernama Tembakau Campalok yang bercita rasa tinggi. Dengan produksinya yang hanya menghasilkan 7 kilogram setiap musim membuat Tembakau Cempalok menjadi langka dan selalu diburu oleh industri rokok dunia.

Jember

Kota yang berada di Provinsi Jawa Timur ini kita akan menjumpai jenis Tembakau Besuki na-oogst yang elastis. Tembakau ini biasa digunakan untuk membungkus cerutu. Begitu dibakar, tembakau mengeluarkan aroma yang amat khas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *