Klobot, Rokok Tradisional Khas Nusantara dari Kulit Jagung yang Semakin Terpinggirkan

Dalam bahasa Jawa, klobot atau kelobot adalah lembaran kulit jagung yang dikeringkan dan digunakan untuk melinting tembakau. Fungsi utama kulit ini maka bisa dipakai untuk mengganti kertas rokok.

Seperti kita tahu bahwa Indonesia memiliki rokok khas , yaitu kretek. Salah satu jenis rokok kretek di Indonesia yang bisa kita temui adalah rokok klobot.

Untuk membuat rokok klobot, bahan dasar rokok kretek, seperti tembakau dan cengkeh dibungkus dan dililit dengan lembaran daun jagung yang sudah dikeringkan. Setelah dililit maka akan terbentuk sebuah rokok yang siap disulut api dan dinikmati.

Baca juga:
Tak Cuma Kretek yang Indonesia Banget. Ada juga Rokok Tingwe
Mengikuti Sejarah Rokok Khas Indonesia di Museum Kretek

Rokok klobot adalah jenis rokok tradisional Nusantara. Keberadaan rokok klobot saat ini sudah sangat sulit dijumpai karena kehadiran rokok yang menggunakan pembungkus kertas.

Rokok klobot sempat menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia. Di kalangan nelayan dan masyarakat di daerah pegunungan, rokok klobot sangat menjadi pilihan untuk menghangatkan tubuh mereka.

Ciri khas klobot adalah hisapannya yang lebih berat dan asapnya yang lebih banyak ketimbang rokok biasa. Bagi para nelayan, rokok kobot digemari karena tidak mudah mati meski terkena air laut.

Kehadiran rokok sigaret dengan pembungkus kertas membuat rokok klobot terpinggirkan. Beberapa pabrik rokok klobot pun sudah lama gulung tikar karena tidak bisa bersaing dengan rokok sigaret.

Salah satu produsen rokok klobot yang telah gulung tikar adalah CV Oeloeng di Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Berjaya di tahun 1970-an, CV Oeloeng akhirnya harus gulung tikar karena tidak bisa bersaing dengan produsen rokok modern.

Untuk mendapati rokok unik ini kita perlu datang ke daerah pedesaan-pedesaan, terutama kawasan pesisir atau di pegunungan. Di sana kita akan bisa menjumpai beberapa orang yang menikmati rokok klobot dengan membuatnya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *