Baca Tips Ini, Tidak Akan Lagi Kebingungan Pakai Batik untuk Kerja

Bagi masyarakat Indonesia, mengenakan batik tidak hanya digunakan pada acara-acara seremonial seperti pernikahan. Namun batik juga kerap dikenakan untuk keperluan sehari-hari, misalnya bekerja. Banyaknya motif batik yang tersedia di pasar tentunya membuat banyak orang sedikit bingung dalam memilih batik untuk kerja.

Sebagian orang lebih memilih batik untuk kerja dengan motif dan warna yang cerah karena dianggap lebih santai. Namun untuk mereka yang memiliki jabatan lebih tinggi di perusahaan, pilihan motif dan warna batik formal dan tradisional yang lebih gelap akan menjadi pilihan yang lebih sesuai. Pasalnya, warna gelap akan memunculkan kesan elegan dan lebih berwibawa.

Baca juga:
Mau Pakai Batik Couple Sama Si Dia? Baca Tips Ini
Mau Beli Batik Online? Pelajari Dulu Tips Berikut Ini

Nah, bagi Anda yang bingung memilih batik dengan motif apa yang akan dikenakan untuk ke kantor berikut tips yang bisa dijadikan referensi.

Pilih Batik Motif Garis Geometris

Sebelum memilih motif batik yang ingin dikenakan, sebaiknya perlu tahu terlebih dahulu peraturan tempat Anda bekerja. Sebagian kantor mewajibkan karyawan mengenakan pakaian formal dan ada juga yang menerapkan kebijakan mengenakan pakaian lebih santai.

Untuk tempat kerja yang mengharuskan pakaian formal, sebaiknya pilihlah batik dengan motif garis geometris. Unsur garis tersebut akan memberikan kesan formal.

Namun bagi mereka yang bekerja di tempat yang membebaskan pakaian karyawannya, maka Anda bisa memilih motif bunga-bunga, binatang, atau motif-motif yang ramai.

Perhatikan Warna Batik

Tak hanya corak, warna batik untuk kerja sebaiknya juga harus menjadi pertimbangan. Tidak semua warna batik cocok dengan tempat kerja Anda. Jika sudah memilih motif batik yang ramai sebaiknya memilih warna netral agar terlihat lebih formal. Anda bisa memilih warna seperti hitam, cokelat, dan krem.

Model Batik yang Sederhana

Setelah memilih motif dan warna batik yang cocok, Anda juga perlu memperhatikan model batik. Sebaiknya memilih batik dengan model sederhana agar terkesan lebih elegan saat dikenakan.

Bagi pria tentu saja memilih kemeja batik untuk ke kantor. Sedangkan bagi wanita banyak pilihan yang bisa digunakan, salah satunya blus atau blazer batik.

Namun bila anda tidak ingin mengenakan blazer batik, rok batik juga akan terlihat cantik untuk ke kantor, tentunya dengan memperhatikan model dan peraturan tempat anda bekerja.

Cari Batik yang Nyaman

Motif, warna, dan model batik harus dikombinasikan dengan rasa nyaman. Anda juga perlu memperhatikan kenyaman batik yang anda kenakan saat ke kantor. Selain itu pertimbangkan pula dengan jenis pekerjaan dan mobilitas di tempat kerja anda.

Pilih Aksesoris yang Cocok

Setelah menemukan batik yang cocok untuk ke kantor, pilihan aksesoris pelengkap juga perlu diperhatikan. Bagi pria tentu saja tidak terlalu sulit karena hanya aksesoris jam tangan yang dipadukan dengan batik.

Sementara bagi wanita harus memperhatikan aksesoris yang cocok dengan batik dikenakan. Sebaiknya tidak menambahkan aksesoris yang terlalu ramai. Sebaiknya pakailah kalung batu sederhana di leher untuk dengan batik.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *