Mojokerto Juga Punya Batik, Ini Dia Sejarahnya

Berbicara soal sejarah batik di Indonesia tentu tidak bisa tidak harus diurutkan dari sejarah  penyebaran Kerajaan Majapahit di Jawa. Perkembangan batik asal Majapahit berkembang di Mojokerto dan Tulungagung yang adalah riwayat pembatikan didaerah ini, dapat diambil dari peninggalan masa kejayaan kerajaan Majapahit.

Setelah hampir 500 tahun punah, Majapahit menyisakan peninggalan batik-batik yang telah dipatenkan menjadi batik khas Mojokerto. Saat ini ada enam motif batik, yakni pring sedapur, mrico bolong, sisik gringsing, koro renteng, rawan indek dan matahari. Secara keseluruhan desain batik Mojokerto mengambil corak alam sekitar kehidupan manusia.

Baca juga:
Apa Hubungannya Batik dengan Kerajaan Majapahit?
Teori-Teori Hadirnya Batik di Indonesia

Misalnya motif pring sedapur merupakan gambar rumpun bambu dengan daun-daun menjuntai. Ada burung merak bertengger. Warna dasarnya putih dengan batang bambu warna biru. Sedangkan daunnya warna biru dan hitam. Demikian pula motif gedeg rubuh, coraknya mirip seperti anyaman bambu yang miring. Kalau mrico bolong, motifnya berupa bulatan merica berlubang.

Selain dari sejarah bagaimana terbentuknya batik Majapahit atau batik Mojokerto, juga tak lepas dari siapa saja yang membantu melestarikan batik Mojokerto di jaman yang sudah modern ini. Salah satunya Ibu Heni Yunina. Ibu tiga orang anak yang menjalani usaha sebagai pengrajin batik di Kabupaten Mojokerto.

Usaha batik yang ia jalankan berawal dari usaha konveksi busana muslim yang telah lama ia geluti. Bermula dari kemampuan membaca peluang bahwa di Kabupaten Mojokerto sendiri pada saat itu belum banyak unit usaha batik, maka ia memberanikan diri membuat usaha batik ini.

Ia juga melihat potensi daerah Kabupaten Mojokerto yang kaya akan nilai seni dan budaya yang patut untuk dilestrikan dalam bentuk motif batik sehingga bisa menjadi bekal untuk tumbuh kembang usaha batiknya.

Oleh karena itu ia merasa perlu untuk menggali inspirasi sebanyak mungkin dari setiap peninggalan sejarah di Kabupaten Mojokerto yang kental dengan nuansa ke-Mojopahitannya (Majapahit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *