Kain Batik untuk Menghias Rumah, Kenapa Tidak? Baca Tips Ini

Kain batik yang sangat khas Indonesia amat lekat dengan dunia fesyen. Beragam model pakaian, dari tradisional hingga modern dirancang dengan menggunakan kain batik.

Tapi tak banyak yang berpikir jika kain batik memiliki fungsi lain yang tak kalah cantiknya, untuk menghias rumah. Dengan penempatan dan pemilihan motif yang tepat, rumah Anda akan terlihat lebih elegan dan bernuansa tradisional.

Baca juga:
Inilah Tips Rawat Songket ala Desainer Ternama
Punya Tubuh Besar? In tips Pakai Batik Agar Tetap Cantik

Dikutip dari Majalah Asri, kain batik untuk menghias rumah bisa diubah menjadi upholstery cushion (dudukan dan sandaran kursi), taplak meja, atau menjadi pelapis sofa.

Hal pertama yang harus diperhatikan pemilik rumah adalah kombinasi warna batik dengan warna yang mendominasi rumah. Untuk menimbulkan kesan yang ceria, bisa dipilih batik-batik pesisir yang berwarna cerah.

Untuk rumah-rumah yang bergaya modern dan minimalis, pilihlah batik yang bermotif kontemporer dan modern. Sedangkan untuk rumah yang berkonsep tradisional, pilihlah batik-batik yang bermotif oldskool seperti motif truntum, parang, atau motif sidomukti.

Kain batik yang digunakan untuk menghias rumah juga bisa dipadupadankan dengan kain modern. Bisa Untuk dijadikan table runner misalnya, pemilik rumah bisa menutup meja dengan kain polos lebih dulu sebagai taplak, baru kemudian dilapisi dengan kain batik.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan, memberi aksen batik pada interior rumah bukan berarti memenuhi ruangan dengan batik. Cukup pilih satu atau dua bagian kecil dari ruangan, misalnya meja, sofa, atau dinding.

Terlalu banyak memberikan kain batik untuk menghias rumah akan menimbulkan kesan penuh dan terlalu ramai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *