Selama November, Pameran Jalur Rempah Digelar di Museum Nasional

Pameran Jalur Rempah bertajuk Kedatuan Sriwijaya the Great Maritime Empire resmi dibuka pada Jumat (3/11/2017) lalu. Bertempat di Museum Nasional, Jakarta Pusat, para pengunjung dapat menyaksikan pameran ini mulai tanggal 4-28 November 2017.

” Jalur rempah ini ke depannya perlu kita kembangkan terus, untuk mengingatkan terus kalau kita bangsa yang besar. Kita boleh beda, tetapi jangan membuat pebedaan perbedaan yang bisa membuat retak,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dalam pidato pembukaan Pameran Jalur Rempah, Kedatuan Sriwijaya the Great Maritime Empire, Museum Nasional, Jakarta, Jumat (3/11/2017).

Baca juga:
Darimana Kata “Kretek” Berasal?
Kisah Sabotase Rempah Maluku yang Dikuasai VOC oleh Poivre

Melalui pameran ini, pengunjung dapat menyaksikan rangkuman kejayaan dari Kedatuan Sriwijaya selama 600 tahun. Data mengenai Kedatuan Sriwijaya ini dipaparkan dalam bentuk menarik, perpaduan atraksi bukti sejarah, peninggalan arkeologis, dan seni kontemporer.

Ruang pameran didekorasi menyerupai sebuah kapal laut dengan diorama kehidupan kejayaan Sriwijaya di masa lampau. Mulai dari penjelasan alat transportasi, peta maritim dan kekuasaan Sriwijaya, komoditas rempah yang dijual, sistem perpajakan, perkembangan bahasa, dan berbagai prasasti serta catatan dokumen peninggalan yang menggambarkan pedidikan juga penyebaran agama pada masa kekuasaan Kedatuan Sriwijaya.

Secara total terdapat 18 zona pameran yang menceritakan mengenai Kedautan Sriwijaya di Pameran Jalur Rempah tersebut.

Pameran Jalur Rempah; Kedatuan Sriwijaya the Great Maritime Empiere, merupakain kegiatan penutup dari rangkaian kegiatan PT Jalur Rempah Nusantara.

Pameran ini diawali dengan pemutaran film dokumenter berjudul ‘Banda: The Forgotten Trail’, rangkaian karya jurnalistik dan tivi program dari grup Kompas Gramedia yang membahas napak tilas dari Jalur Rempah di Nusantara.

 

Sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *