Batik Harga Rp 200 Juta? Seperti Apa Penampakannya?

Berapa harga paling mahal yang pernah Anda keluarkan untuk selembar kain batik? Rp 1 juta? Rp 2 juta? Bagaimana kalau ada yang menjual batik seharga Rp 200 juta?

Batik yang harganya sama dengan harga rata-rata mobil Low Cost Green Car (LCGC) varian paling atas itu tentu membuat mata terbelalak. Apalagi jika yang mendesain adalah seorang guru Biologi SMA.

Baca juga:
Inilah Alasan Kenapa Batik Pesisir Punya Motif Unik
Uniknya Kostum Batik dari Bahan Bekas

Dikutip dari liputan6.com, pembatik nekat itu bernama Sapuan. Asalnya dari Pekalongan. Walau cuma berprofesi sebagai gurum namun Sapuan sudah beberapa tahun ini menggeluti batik di rumahnya.

Berbeda dengan kebanyakan kain batik yang dijual untuk umum, menurut Sapuan, batiknya dibuat bukan untuk dijahit menjadi pakaian. Batik itu ia buat untuk kebutuhan seni dan koleksi. Ia juga mengaku bahwa pasar yang ia sasar amat segmented, amat niche bahasa kerennya.

Pria berumur 55 tahun itu malah bukan membandingkan produknya dengan sesama kain batik. Sapuan membandingkan batiknya dengan lukisan karya seniman yang harganya jauh lebih mahal dari batik buatannya.

Batik yang supermahal itu bertema persatuan, pluralisme, dan keharmonisan hubungan antar manusia. Dalam pameran itu, Sapuan memamerkan karya utamanya yang berjudul Garuda Netes, alias Garuda Menetas. Selain itu, ia juga membawa 9 karya lainnya.

Sapuan dan karya batiknya yang fenomenal. Foto: Radar Pekalongan

Kemudian, apa yang membuat batik karya Sapuan mahal?

Menurutnya, kekuatan utama dari lukisan batik karyanya terletak pada detilnya yang luar biasa. Ia mengaku, untuk menciptakan karya itu, Sapuan harus menggunakan lilin yang dibuatnya secara khusus. Cantingnya pun menggunakan canting yang berukuran nol, amat kecil.

Apakah ada orang yang membeli karyanya? Sapuan mengatakan ada yang tertarik walaupun ceruk pasarnya memang amat kecil. Namun, ia mengatakan tidak khawatir lantaran baginya lukisan batik bukan hanya sekedar materi dan keuntungan.

Batik adalah budaya, karsa, dan hasil olah rasa manusia yang menyimpan beragam nilai positif untuk perjalanan hidup manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *