Liburan ke Semarang? Naik Bus Wisata Semarang Aja, Gratis Kok

Jalan-jalan ke Kota Semarang memang sangat mengasyikkan. Saat ini berlibur ke Kota Lumpia akan lebih seru dan menyenangkan karena ada bus wisata gratis Semarang yang bisa dinaiki secara gratis.

Tepatnya sejak tanggal 9 September 2017 kemarin, bus wisata Semarang memang sudah resmi diluncurkan. Dengan bus wisata tersebut maka kita pun bisa berwisata keliling kota Semarang dengan lebih seru dan menyenangkan.

Seperti halnya bus bandros di Bandung, bus wisata Semarang juga muncul dengan konsep bus tingkat (double decker). Namun bila bus Bandros pada tingkat atasnya terbuka, bus wisata di Semarang tertutup di bagian atasnya. Maklum saja, Kota Semarang dikenal sebagai salah satu kota yang paling panas di Indonesia.

Baca juga:
Enak, Kenyang dan Murah! Ini 5 Kuliner Semarang yang Pas Bagi Anak Kost Kala Tanggal Tua
Dimana Tempat Beli Batik Khas Semarang?

Untuk naik bus wisata ini wisatawan harus mengetahui waktu operasionalnya. Bus beroperasi hari Selasa sampai Minggu. Di hari Senin, bus wisata tidak beroperasi karena merupakan jadwal perawatan rutin.

Selain hari operasional, jam berangkat bus wisata juga perlu Anda perhatikan. Bus wisata Semarang melakukan perjalanan keliling kota sebanyak tiga kali sehari, pukul 08.00, 11.15, dan 15.00.

Khusus di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu bus wisata akan melakukan empat kali perjalanan, yakni jam 08.00, 11.15, 15.00, dan 19.00. Pada hari Jumat, karena ada sholat Jumat, maka perjalanan di jam 11.15 diganti pukul 13.15.

Setidaknya ada tujuh destinasi yang akan dilewati bus wisata Semarang, yakni Museum Mandala Bhakti sebagai tempat berangkat, Kawasan Kota Lama, Taman Srigunting, Simpang Lima, Kampung Pelangi, Klenteng Sampoo Kong, dan Museum Ronggowarsito.

Bus ini hingga sekarang masih tersedia satu unit. Tak jarang calon penumpang harus antre untuk bisa kebagian tempat duduk di bus. Apalagi bila akhir pekan, maka bisa jadi penumpang harus menunggu jadwal perjalanan kedua atau ketiga karena banyaknya wisatawan yang ingin naik bus.

Dalam sekali trip atau perjalanan, bus wisata Semarang bisa mengangkut sekitar 70 orang.

Bus yang sudah full AC dan ramah difabel ini bisa dinikmati dengan cara menukarkan kartu tanda penduduk (KTP) untuk mendapatkan tiketnya. Bagi yang ingin naik di tingkat atas, maka Anda harus memilih nomor kursi 1-61.

Saat berada di dalam bus, tiap penumpang wajib hukumnya untuk menjaga kebersihan. Sebab, perilaku tiap penumpang bisa dipantau lewat CCTV. Sehingga jika ada yang tertangkap membuang sampah, maka KTP yang bersangkutan akan ditahan sampai si penumpang membayar denda sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *