Asyiknya Naik Kereta Api Uap Kuno di Ambarawa, Jawa Tengah

Naik kereta api memang selalu memberikan pengalaman yang mengesankan. Apalagi bila kereta yang kita naiki adalah kereta kuno yang masih menggunakan tenaga uap, maka akan semakin seru kegiatan tersebut.

Salah satu yang menyediakan kereta api uap kuno sebagai wahana wisata itu ada di Museum Kereta Api Ambarawa, Jawa Tengah.

Museum yang menjadi museum kereta api terbesar se-Asia Tenggara tersebut para pengunjung akan menjumpai beberapa lokomotif kuno. Salah satu lokomotif kereta api uap di sini adalah lokomotif dengan jenis B 2502 dan B 2503.

Baca juga:
Lembah Semilir, Rumah Hobbit yang Instagramable Jawa Tengah
Di Museum Ini Kamu Bisa Berfoto dengan Banyak Tokoh Nasional dan Dunia

Loko tersebut merupakan produk dari Maschinenfabrik Esslingen, sedangkan lokomotif B 5112 merupakan buatan Hannoversche Maschinenbau AG.

Meski sudah berusialebih dari 100 tahun, namun kedua lokomotif masih mampu berjalan dan bahkan di museum ini dioperasikan sebagai kereta api wisata. Untuk Anda ketahui, lokomotif jenis yang sama saat ini hanya tersisa tiga unit di seluruh dunia.

Foto: pegipegi.com

Museum Kereta Api Ambarawa memang tidak hanya menghadirkan wisata museum dengan beberapa peninggalan lokomotif kuno. Pengunjung yang datang ke sini juga bisa naik kereta wisata sesuai jadwal yang telah disediakan pihak pengelola.

Jika membawa rombongan, pengunjung bahkan bisa menyewa rangkaian kereta secara khusus. untuk perjalanan kereta reguler, kereta kuno akan menggunakan tenaga diesel yang sudah dimodifikasi.

Sedangkan jika ingin benar-benar merasakan tenaga uap yang sebenarnya, penumpang harus membayar biaya yang khusus. Sebab, untuk menjalankan kereta dengan tenaga uap dibutuhkan biaya yang jauh lebih besar.

Untuk merasakan sensasi kereta api uap kuno penumpang diharuskan untuk memesannya jauh-jauh hari terlebih dahulu, minimal satu minggu sebelumnya. Dan untuk menyewa kereta api uap ini Anda juga diharuskan datang bersama rombongan baik dari keluarga besar, teman reuni sekolah, robongan kantor atau juga rombongan grup lainnya.

Rute yang akan dilewati kereta api uap ini ada dua pilihan yakni rute Ambarawa-Tuntang yang melewati rawa pening atau rute Ambarawa-Bedono dengan medan perbukitan.

Tarif untuk kereta wisata dengan lokomotif uap ini tergantung rute yang diinginkan. Untuk rute Tuntang, Anda bisa menyewa kereta dengan pilihan satu gerbong yang memiliki tarif Rp 10 juta atau dua gerbong dengan tarif Rp 12,5 juta. Ada juga pilihan tiga gerbong dengan tarif Rp 15 juta.

Setiap gerbong sendiri berkapasitas 40 penumpang. Jadi tarif tadi bisa Anda bagi sesuai jumlah penumpang dan gerbong yang dipilih.

Sementara itu untuk kereta rute Bendono ini maksimal hanya bisa dipesan dengan dua gerbong lantaran rute Bendono memiliki lintasan yang menanjak. Untuk rute Bendono ini tarifnya adalah Rp 15 juta untuk satu kali perjalanan pulang-pergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *