5 Curug di Bogor Ini Cocok untuk Menikmati Akhir Pekan

Bagi Anda warga Jakarta dan sekitarnya yang penat dengan rutinitas sehari-hari, tidak perlu berpergian jauh, Bogor ternyata menyimpan beberapa curug atau air terjun cantik yang siap mengisi waktu berlibur di akhir pekan.

Bogor memang terkenal dengan wisata alamnya yang cantik. Oleh karena itu, yuk cobain beberapa destinasi wisata curug yang wajib Anda kunjungi saat mengisi akhir pekan bersama keluarga di kota hujan ini.

Baca juga:
Eksotisme Tumpak Sewu, Air Terjun Seribu yang Mempesona
Batik Bogor dan Kearifan Lokal Masyarakat Kota Hujan

Curug Barong

Curug yang berlokasi di Kampung Wangun, Desa Leuwikaret, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor ini menyajikan pemandangan air terjun yang berbeda dengan air terjun lainnya. Curug Barong memiliki ketinggian mencapai 7 meter.

Tekstur bebatuannya yang unik, air terjun yang tidak terlalu tinggi serta kualitas air yang masih jernih membuat air terjun yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para  wisatawan.

Curug Leuwi Hejo

Berada tepat di bawah Curug Barong, Curug Leuwi Hejo tak kalah menarik karena menyuguhkan wisata air yang sangat menyenangkan. Bebatuan berukuran besar, serta kedalaman air yang cukup dalam memungkinkan pengunjung untuk berenang sambil meloncat dari bebatuan di bawah curug ini. Kedalaman kolam di Curug Leuwi Hejo mulai dari 5 meter hingga 7 meter.

Untuk mencapai spot Curug Leuwi Hejo, Anda perlu melakukan trekking sejauh 2 km. Selama Anda trekking, rimbunan pohon dan suara kicauan burung akan menemani perjalananmu.

Curug Leuwi Lieuk

Masih berada pada satu kawasan yang sama dengan Curug Barong dan Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Lieuk ini menghadirkan pemandangan yang jauh berbeda dari dua curug sebelumnya.

Curug yang diapit oleh dua tebing tinggi yang mengapit aliran sungai jernih berwarna kehijauan menambah cantik suasana di Curug Leuwi Lieuk.

Curug Cilember

Berlokasi di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Curug Cilember menghadirkan tujuh buah air terjun yang berada pada spot yang berbeda-beda dan dengan ketinggian yang beragam. Dari jeram yang pendek hingga dengan jeram tertinggi mencapai 40 meter tersedia di curug ini.

Bagi wisatawan yang hendak menuju ke tempat ini tak perlu khawatir, karena fasilitas di Curug Cilember sudah termasuk lengkap, mulai dari MCK, pos jaga, hingga ruang informasi.

Curug Cigamea

Curug Cigamea terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Curug ini masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (KTNGHS). Sebenarnya ada enam curug yang dijadikan obyek wisata di kawasan ini, namun untuk saat ini Curug Cigamea yang menjadi primadonanya.

Selain karena pemandangannya yang indah, akses menuju Curug Cigamea pun tergolong mudah. Untuk menuju tempat ini, Anda dapat melewati jalur utama, yakni Leuwiliang.

Dari pintu masuk menuju curug, sepanjang jalan Anda disuguhkan rindangnya pepohonan hijau hingga satwa hutan seperti monyet.

Di akhir pekan, jangan lewatkan mencoba salah satu wahana flying fox dengan tiket berkisar Rp 20.000 untuk menikmati panorama Curug Cigamea dari ketinggian.

Yuk, siapkan weekend kamu dari sekarang!

 

Sumber: Kompas Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *