Ritual Unik Pengambilan Air di Air Terjun Sedudo yang Penuh Makna

Air Terjun Sedudo yang terletak di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur bukan sekedar obyek wisata. Sebab, di air terjun ini banyak mitos dan cerita mistis yang berkembang di kalangan masyarakat sekitar.

Maka dari itu tak mengherankan bila di warga desa sekitar air terjun memiliki ritual unik yang dilakukan setiap tahunnya. Ritual rutin yang diadakan di Air Terjun Sedudo ini dikenal dengan nama Siraman Sedudo.

Siraman Sedudo biasanya dilaksanakan setiap bulan Sura, kalander Jawa. Ritual yang diadakan di lokasi Air Terjun Sedudo ini terbilang menarik. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang ikut menyaksikan ketika ritual ini digelar.

Bukan hanya warga sekitar lokasi air terjun, tapi banyak juga pengunjung dari luar kota Nganjuk yang sengaja datang ke sini untuk menyaksikan ritual siraman Sedudo. Bahkan begitu menariknya, perwakilan dari Pemerintah Daerah dan juga beberapa wartawan datang menyaksikan ritual tersebut.

Siraman Sedudo sendiri bukanah ritual baru, sebab warga lereng Gunung Wilis ini sudah melakukannya sejak ratusan tahun yang lalu. Siraman Sedudo sejatinya adalah kegiatan mandi bersama di bawah guyuran Air Terjun Sedudo. Namun sebelum digunakan untuk mandi, para sesepuh desa melakukan sebuah ritual lebih dulu untuk menyucikan air.

Dalam ritual awal ini sesepuh desa akan menaburkan kembang tujuh rupa di kolam air terjun dan juga melarung sesaji ke tengah sungai di aliran air terjun. Setelah itu, puluhan gadis diarak dengan iringan musik gamelan Jawa masuk ke pelataran air terjun.

Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Beberapa gadis ditunjuk oleh para perjaka untuk mengambil air terjun sedudo. Mereka memasukkan air ke dalam kendi. Air di dalam kendi itu dimasukkan ke sebuah wadah dan akan disimpan dan dipakai sewaktu-waktu bila ada warga yang membutuhkan untuk pengobatan dan kepentingan lain, seperti pernikahan.

Selain iringan musik gamelan, ritual Siraman Sedudo juga diiringi dengan tari Bedhayan Amek Tirta yang sakral. Gerakan dalam tarian tersebut penuh nilai syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Rasa syukur juga diwujudkan dengan gunungan yang berisi hasil bumi dari warga sekitar desa.

Setelah prosesi pengambilan air terjun oleh para gadis, para warga yang datang akan berebut gunungan dan juga mandi di bawah Air Terjun Sedudo yang dipercaya mampu membuat awet muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *