Begini Proses Pembuatan Batik Terap Khas Malaysia

Batik memang identik dengan budaya khas Indonesia. Namun belakanga ini Malaysia rupanya juga tertarik untuk mengembangkan batik. Walau tidak sama persis dengan hasil karya pembatik Indonesia, namun batik buatan Malaysia ini juga tidak kalah menarik.

Nama batik buatan tetangga Indonesia itu adalah Batik Terap. “Terap” merupakan bahasa Melayu yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti “Cap”.

Baca juga:
Tak Kalah Rumitnya Dengan Tulis, Begini Proses Batik Cap Tercipta
Uniknya Batik Pada Kain Jeans

Dikutip dari laman Star2 (16/10/2017), batik terap memang mirip dengan batik cap yang khas Indonesia. Namun, ada perbedaan di proses produksinya.

Untuk membuat sehelai kain batik terap dibutuhkan waktu yang cukup panjang. Rumitnya proses pembatikan ini dipercaya akan menjaga warna dan kualitas kain batik agar lebih tahan lama.

A post shared by Embara (@embara_org) on

Proses pembuatan batik tersebut diawali dengan mencuci serta menjemur kain polos yang akan dibatik. Kain dijemur dengan cara direntangkan secara penuh selama seharian.

Keesokan harinya, kain yang menjadi media membatik langsung dicap sesuai dengan motif yang diinginkan. Terkadang batik terap juga dikombinasikan dengan lukisan motif khas batik tulis yang menggunakan canting.

Proses pembatikan sendiri bisa memakan waktu hingga dua hari, tergantung dari kerumitan motif yang akan digunakan.

Hari berikutnya, hari ketiga atau keempat, kain yang selesai diberi motif kemudian dicelupkan ke larutan pewarna sesuai warna yang diinginkan. Setelah itu, kain dicuci dan dijemur kembali hingga kering. Kain pun siap diperjualbelikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *