Batik Tulis dan Cap Itu Biasa! Batik Kuas Baru Luar Biasa

Selama ini masyarakat hanya mengenal dua jenis batik, yaitu batik tulis dan batik cap. Perkembangan batik kemudian melahirkan batik celup yang menghasilkan warna dan corak yang lebih modern.

Namun pernahkan berpikir soal batik kuas? Itulah yang dibuat oleh Dian Pelangi, slaah satu desainer kenamaan dari Jakarta.

Baca juga:
Inilah Alasan Kenapa Batik Pesisir Punya Motif Unik
Uniknya Batik Pada Kain Jeans

Di sela-sela gelaran Paris Fashion Week (PFW), 4 Oktober 2017 lalu ia mengenalkan kebudayaan Indonesia itu. Karya revolusioner itutak ayal menarik perhatian pengunjung PFW.

Dian menceritakan, ide awal pembuatan batik kuas berasal dari keinginan Dian untuk menghasilkan motif yang menyerupai gedung-gedung bertingkat khas Paris. Motif ini tentu tidak bisa dibuat dengan menggunakan teknik cap atau tulis yang ada pada batik konvensional.

Desainer ini tidak membuat karyanya sendiri. Dian lebih memilih untuk memberdayakan pembatik-pembatik binaannya di beberapa daerah untuk mengerjakan idenya tersebut.

Konsekuensinya, Dian harus mengajari teknik melukis batik dengan kuas dari awal kepada para binaannya.

Menurut Dian, nilai utama batik bukan terletak pada warna atau terbatas pada teknik cap atau tulis. Batik juga bukan soal motif yang selama ini kita kenal. Nilai dasar batik ada pada penggunaan bahan pewarnaan dan proses pewarnaannya. “Alatnya beda, tapi tekniknya tetap sama,” tambahnya seperti dikutip oleh Tempo.co (18/10/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *