Yuk, Kenalan dengan Kain Tubo, Batiknya Orang Ternate

Kekayaan jenis batik Indonesia makin tergali. Jika selama ini masyarakat hanya tahu batik Jawa, ternyata banyak daerah lain di luar Jawa yang memiliki batik. Salah satunya adalah Ternate, Maluku Utara.

Masyarakat Ternate menyebut batik khas daerah mereka dengan nama Tubo. Sebenarnya, Tubo sendiri merupakan nama sebuah desa di pulau kecil itu. Desa Tubo dikenal sebagai asal muasal batik khas Ternate.

Baca juga:
Gawat, 14 Bahasa Daerah Ini Dinyatakan Punah
Ini Dia Batik Minangkabau yang Khusus Digunakan Oleh Para Bangsawan

Tidak seperti batik Jawa yang sudah berkembang hingga ratusan tahun, Tubo justru baru dikenal sejak tahun 2010. Saat itu, Lani, seorang warga desa Tubo berinisiatif untuk mendesain motif batik dan bermimpi agar batiknya dikenal sebagai batik khas Ternate.

Ia berguru ke tanah Jawa untuk belajar membatik. Setelah membuat beberapa percobaan, Lani mengatakan bahwa teknik yang cocok untuk diterapkan pada kain di Ternate adalah teknik cap.

Cara ini dianggap lebih mudah ketimbang batik tulis, sebab saat itu hampir tidak ada orang di desanya yang bisa melukis, apalagi melukis dengan canting. Sedangkan dengan teknik cap, Lani lebih mudah mengajari pekerjanya. Soal ketersediaan peralatan batik tulis juga masih amat terbatas di Ternate.

Ternyata, masyarakat sekitar menyukai batik itu. Sejak itu banyak warga yang mulai belajar membatik dan berkembanglah seni membatik di desa Tubo.

Seperti halnya batik di kawasan pesisir pulau Jawa, kain Tubo juga erisi gambaran sumber daya alam yang ada di sekitaran pulau itu. Motif-motif awal yang dibuat oleh Lani berkisar antara motif pohon kelapa, cengkeh, hingga motif pulau Ternate.

Pengerjaan kain Tubo bisa dibilang lebih singkat ketimbang batik lainnya. Lani mengaku hanya membutuhkan waktu satu hari untuk memproduksi kain batik, mulai dari kain polos hingga menjadi kain siap jual. Soal harga pun batik Ternate relatif lebih murah. Lani membuka harga sekitar Rp 60 ribu hingga Rp 200 ribu per lembarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *