Mau Lihat Pameran Batik Kekinian di Jogja? Catat Tanggalnya!

Yogyakarta memiliki acara batik berskala internasional yang diadakan dua tahunan, namanya Batik Binnale. Gelaran Batik Binnale terdekat akan digelar tahun 2018 mendatang. Namun, sebelum acara tersebut terlaksana, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar pre-event.

Acara pembukaan ini tak sekedar formalitas. Acara bertajuk  Festival Jogja Kota Batik Dunia ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi Yogyakarta untuk terus memegang  predikat sebagai Kota Batik Dunia dari World Craft Council.

Baca juga:
Motif Sekar Jagad Hiasi Badan Mobil Mewah Ini
Batik Semanggi untuk Ibu Kota Indonesia

“Kami ingin mendorong dan menumbuhkembangkan sektor-sektor IKM (Industri Kecil Menengah]) yang ada di Jogja, terutama yang bergerak di bidang batik,” ujar Kepala Disperindag DIY, Budi Antono seperti dikutip oleh solopos.com (19/10/2017).

Gelaran yang mengusung tema unik, Batik to the Moon ini akan dibuka untuk umum mulai tanggal 25 Oktober mendatang hingga tanggal 29 Oktober. Hingga saat ini tercatat ada 150 IKM yang akan bertpartisipasi.

Di Batik to the Moon nanti pengunjung bisa menyaksikan parade batik, pameran, hingga workshop. Target pemerintah daerah sendiri tidak berhenti pada terjualnya produk para pengrajin batik di Jogja, tapi juga akan menjaring pihak-pihak yang berpotensi untuk membangun kerjasama lebih besar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *