Tasikmalaya October Festival 2017 Digelar Pertengahan Oktober

Tasikmalaya October Festival (ToF) 2017 akan digelar di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat pada 14-17 Oktober 2017. Festival ini diselenggarakan bertepatan dengan Hari Jadi ke-16 Kota Tasikmalaya. Dalam perhelatan tahun ini, ToF akan memiliki lima rangkaian acara ToF 2017.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman dalam acara Launching “ToF 2017” di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (4/10/2017) mengatakan, kegiatan Tasikmalaya October Festival 2017 bertujuan untuk mempromosikan dan mewujudkan city branding Kota Tasikmalaya.

Baca juga:
Tak Banyak yang Tahu, Tasikmalaya Juga Punya Batik Andalan
Pasir Kirisik, Wisata Teranyar di Tasikmalaya

“Tahun kemarin 2016, ada 45 delegasi (Tasik Invesment Expo and Conference). Ada juga Tasik Culture dan Carnival yang bertujuan mempromosikan budaya lokal dan melestarikan budaya lokal,” terang Budi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa digelarnya ToF 2017 bisa mendukung posisi Tasikmalaya sebagai kota industri dan perdagangan. Ia menyebut Kota Tasikmalaya memang dikenal dengan penghasil produk kreatif.

ToF 2017 terdiri sejumlah kegiatan, antara lain Pameran Produk Kreatif (Tasik Creative Festival), Pameran Produk Kuliner (Tasik Halal Culinary Festival), Talk Show Kerjasama Pengembangan Investasi (Tasik Investment Expo and Conference), Parade Budaya/Carnaval Budaya (Tasik Culture Festival), Tasikmalaya Great Sale, dan pekan diskon di semua toko yang berpartisipasi.

Penyelenggaraan Tasikmalaya October Festival 2017 tentunya melibatkan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) produk kreatif unggulan (bordir, batik, kelom, payung, mendong bamboo, alas kaki dan makanan olahan), WUBI (Wirausaha Bank Indonesia), seniman dan pelaku budaya, Komunitas Kreatif Kota Tasikmalaya, serta Kadin Kota Tasikmalaya.

Beberapa kabupaten/kota di Tanah Air yang turut berpartisipasi, yakni Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Bandung, Kota Bogor – Jawa Barat; Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Sukoharjo dari Jawa Tengah; Kota Dumai – Riau; Kota Palu – Sulawesi Tengah; dan Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong dari Provinsi Bengkulu.

Selain itu, turut pula berpartisipasi beberapa pemerintah kota negara sahabat, yakni Pemerintah Kota Baler, Filipina; Jerry Tan, Jaco Singapore Pte. Ltd., Singapura; MATTA, Malaysia; Palestine Indonesia Friendship Association (FIPA) dari Palestina; Gerd Wagner, Wagner GmbH; dan Senior Expert Service (SES) dari Jerman; PA ASIA, Rio D Praaning dari Belgia.

 

Sumber: Kompas Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *