Warga Singapura Tiru Bolu Gulung Batik Khas Indonesia

Dalam beberapa tahun belakangan ini, kreasi batik berkembang pesat di Indonesia. Tidak hanya kreasi busana yang makin modern, batik juga diaplikasikan ke dalam ranah kuliner seperti bolu gulung.

Kursus bolu gulung batik pun merambah di beberapa kota besar di Indonesia. Pembuat bolu gulung batik bahkan tercatat sudah sampai Singapura. Hebatnya, bukan orang Indonesia yang menjajakan bolu unik itu di Singapuram melainkan warga Singapura sendiri yang tertarik membuatnya.

Baca juga:
Yuk, Belajar Bikin Bolu Gulung Batik, Begini Cara dan Resepnya
Tak Perlu Jauh-jauh ke Pekalongan, Bolu Gulung Batik Sudah Membanjiri Jakarta dan Sekitarnya

Adalah Nura Alkhatib. Pemilik toko roti online Batikrolls di Singapura ini bahkan berfokus untuk menjajakan panganan bolu gulung batik khas Indonesia. Tak sembarang membuat motif, Nura memilih motif-motif batik khas pesisiran, seperti motif megamendung dan parang rusak untuk diaplikasikan ke dalam bolu gulungnya.

Nura mengaku, roti dan kue khas Indonesia bukanlah hal baru baginya. Keluarganya, terutama sang ibu rajin membuat kue khas Indonesia untuk dibagikan ke sanak saudara atau tetangga. Ibu Nura memang dibesarkan di tanah Jawa.

Karena berbasis online, Nura pun tidak main-main menggarap foto produknya. Beberapa foto di akun instagramnya terlihat bolu gulung batik difoto dengan gaya foto khas makanan Jepang sushi yang legendaris.

Foto: facebook.com/batikrolls

Nura mengatakan, pasar utamanya berasal dari Singapura dan Malaysia. Untuk bolu gulung ukuran diameter 22 cm Nura membanderol dengan harga sekitar SGD 26 hingga SGD 28, atau sekitar Rp 260 ribu hingga Rp 280 ribu.

Batikrolls selalu kebanjiran order saat hari raya Idul Fitri dan hari libur lainnya. “Banyak juga wisatawan asing yang berkunjung ke Singapura membeli bolu gulung batik untuk oleh-oleh. Jadi Batikrolls sudah merambah hingga Taiwan, Hongkong, Australia, Jepang, dan bahkan Afrika,” ujarnya seperti dikutip oleh BBC Indonesia.

Menurut Nura, sudah selayaknya bolu unik ini disejajarkan dengan makanan-makanan khas negara lain, seperti sushi atau Crosissant dari Perancis. “Batik adalah seni khas dari Indonesia yang sudah seharusnya dibagikan ke dunia,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *