Berkunjung ke Kota Gudeg? Anda Perlu Kenali 4 Istilah Berikut

Kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke Kota Gudeg tanpa mengenal istilah-istilah yang berlaku di kota tersebut. Mulai dari makanan hingga wisata budaya yang kental, Yogyakarta memberikan ciri khas tersendiri bagi Anda yang berkunjung ke kota ini.

Namun bagi Anda yang belum pernah singgah ke kota ini, berikut 4 istilah yang perlu Anda kenali kalau berkunjung ke kota ini.

Baca juga:
Yogyakarta pun Ikut Menenun
Melakukan Tantangan Permainan Masangin di Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Petunjuk Arah

Menanyakan suatu lokasi di Yogyakarta menjadi salah satu hal yang cukup membuat para wisatawan kebingungan. Pasalnya, penduduk kota ini tidak menggunakan istilah “kiri” ataupun “kanan” sebagai petunjuk arah. Mereka lebih familiar menggunakan istilah  “timur” atau “barat” dan seterusnya sebagai petunjuk arah.

Untuk mempermudah, Anda cukup melihat Gunung Merapi sebagai patokan arah Utara. Sebenarnya dengan model petunjuk mata angin akan lebih memudahkan Anda  menemukan titik temunya, karena Kota Gudeg ini tertata rapi menyerupai kotakan.

Bangdjo

Jangan bingung jika Anda menanyakan petunjuk arah dan kemudian orang-orang sempat menyebut Bangdjo. Bangdjo merupakan sebutan untuk mendeskripsikan lampu lalu lintas. Bangdjo merupakan akronim yang diambil dari kata “abang” yang berarti warna merah dan “ijo” yang berarti warna hijau.

Burjo

Mungkin yang terlintas di pikiran Anda jika mendengar kata Burjo adalah cemilan bubur kacang ijo yang dilumuri santan. Namun di kota ini, Burjo ini diartikan sebagai warung mi instan atau yang lebih kita kenal di Jakarta dengan sebutan Warkop.

Istilah Burjo diambil dari bubur kacang ijo yang dulu sempat dijual di warung-warung Burjo. Namun kini keberadaan bubur kacang ijo itu sendiri warung-warung burjo ini sudah mulai jarang ditemui.

Shopping center

Berlokasi di sebelah taman pintar dekat Pasar Beringharjo, shopping center  bukanlah tempat belanja yang Anda pikirkan pada umumnya. Shopping center merupakan tempat jualan buku bekas yang menjajakan novel, cerpen hingga buku paket. Mulai dari buku bekas hingga baru terjual lengkap di tempat satu ini.

 

Sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *