Ini 4 Alasan Kenapa Anda Harus Jahit Sendiri Baju Batik untuk Pesta

Busana bergaya etnik memang tengah populer di kalangan kaum hawa untuk dikenakan saat menghadiri acara-acara resmi seperti pesta pernikahan. Batik, di antara kain-kain etnik lainnya masih menjadi motif kain paling populer untuk melengkapi gaya etnik yang anggun.

Beragam kreasi baju batik juga banyak tersedia di pasaran. Namun sayang, model yang tersedia terkadang kurang bervariasi sehingga ada kemungkinan Anda menemukan seseorang berpakaian batik yang model serupa dengan yang Anda kenakan saat pesta.

Baca juga:
Mengunjungi Sentra Kerajinan Jaket Kulit Garut di Sukaregang
Bagaimana Cara Mengenakan Kain Tenun Tanpa Harus Memotong?

Nah, jika Anda pernah mengalaminya dan tidak ingin situasi seperti itu terulang kembali, ada baiknya mencoba menjahit sendiri busana batik hasil kreasi Anda. Meskipun agak sedikit repot, tapi ada untungnya jika menjahit sendiri baju batik untuk dikenakan ke pesta. Apa saja ya?

Model tidak pasaran

Seperti sudah sampaikan sebelumnya, baju batik untuk pesta hasil jahitan sendiri modelnya tidak akan pasaran. Baju itu diciptakan dan dirancang sesuai selera, karakter tubuh Anda, dan kreasi Anda sendiri. Anda akan tampil lebih spesial dan unik pada acara-acara resmi hadiri.

Mengasah kreativitas

Anda bebas berkreasi saat merancang model pakaian batik untuk pesta, memadu padankan motif batik satu dengan yang lain. Anda juga dapat menambahkan aksesoris seperti payet, dan aksen lainnya. Kemudian, arahkan penjahit langganan Anda untuk merealisasikannya kreasi Anda.

Ukuran lebih sesuai

Bentuk tubuh setiap orang berbeda-beda, tidak semuanya proporsional seperti patung manekin. Oleh karena itu, membeli pakaian yang diproduksi masal bagi mereka yang memiliki tubuh istimewa akan terasa sulit.

Jika bagian dada muat, pinggul belum tentu, begitupun sebaliknya. Motif sudah sesuai dengan selera, modelnya belum tentu cocok di tubuh. Dengan menjahit sendiri masalah-masalah ini akan teratasi karena dapat menentukan langsung selera yang Anda inginkan.

Pakaian lebih nyaman dan awet

Baju hasil jahitan sendiri akan terasa lebih nyaman tentunya. Anda dapat memilih bahan dengan memperhitungkan kenyamanan saat dipakai ke pesta. Durabilitasnya akan lebih tinggi. Saat memilih bahan, karena tahu bahwa jasa menjahit pakaian tidaklah murah, pastinya Anda akan lebih teliti dan mempertimbangkan kualitas bahan.

 

Sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *