Pasifik Porsea, Pantai Berpasir Putih di Danau Toba yang menenangkan Pikiran

Ada yang belum mengenal Danau Toba? Sebagai traveler tentunya Anda pasti tahu betul danau yang sangat terkenal memiliki panorama indah di berbagai sisinya. Karena itu, berbagai sisi Danau Toba di Sumatera Utara menarik dijelajahi, termasuk pantai berpasir putih di pinggir danau yang unik dan menenangkan pikiran dan hati.

Danau tekto-vulkanik yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba jutaan tahun lalu ini menyandang predikat terluas di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Karena memiliki panjang mencapai 100 kilometer dengan lebar hingga 30 kilometer, banyak traveler yang mengatakan danau ini seperti lautan kecil di tanah Sumatera.

Baca juga:
5 Hal yang Paling Asyik Dilakukan di Sekitaran Danau Toba
Nikmatnya Kopi Premium Khas Indonesia yang Tak Menguras Dompet

Terdapat banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi para pelancong, namun yang terkenal tentunya Parapat dan Pulau Samosir. Namun selain itu masih ada banyak tempat lain yang bisa dikunjungi dengan pemandangan dan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah dari Pantai Pasifik Porsea.

Pantai Pasifik Porsea merupakan sebuah dataran berpasir putih yang menghadap langsung ke Danau Toba. Dari tempat ini tersaji landscape hamparan luas perairan Danau Toba yang berwarna kebiruan. Permukaan airnya yang berombak akibat tiupan angin menghadirkan suasana seakan sedang berada di tepi pantai.

Pasir di pantai ini memiliki tekstur yang agak kasar. Mungkin saja pasir tersebut merupakan hasil letusan Gunung Toba jutaan tahun yang lalu. Konon menurut penduduk setempat, pasir ini memang telah ada sejak dahulu kala.

Pantai Pasifik Porsea berada di Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir. Kota kecil ini menjadi penghubung antara Parapat, Balige dan Asahan. Dari Parapat, lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu kurang satu jam, sedangkan dari Bandara Silangit akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Jadi, jika ingin melihat pemandangan alam Danau Toba dari sudut yang berbeda, cobalah datang ke tempat ini karena dijamin hati dan pikiran Anda akan terasa begitu tenang kerena ditemani desiran ombak danau dan bisikan angin sepoi.

Pemandangan Danau Toba dari pantai ini semakin indah dengan adanya gugusan Pegunungan Bukit Barisan yang berdiri kokoh seolah memagari Danau Toba.

Tiket masuk ke Pantai Pasifik Porsea pun terjangkau, hanya Rp 2.000,- saja untuk satu sepeda motor dan sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di dalam. Fasiltasnya pun cukup lengkap seperti lapangan parkir, toilet, tempat duduk santai berbentuk bangku beton berpayung dan rumah adat, serta sebuah rumah makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *