Inilah Desa Adat Terbersih se-Dunia yang Ada di Bali

Siapa yang tak suka dengan lingkungan yang bersih. Hampir semua orang sangat menyukai kebersihan dan tentunya akan betah bila berada di lokasi yang bersih tersebut. Bila Anda selalu merasa takjub dengan kebersihan suatu tempat maka cobalah untuk datang ke sebuah desa bernama Penglipuran.

Desa Penglipuran berada di Provinsi Bali. Desa Penglipuran telah ditetapkan menjadi salah satu dari tiga desa terbersih se-dunia. Dua desa lain selain Desa Penglipuran yang mendapat julukan desa bersih adalah Desa Giethoorn terletak di Overijssel, Belanda dan Desa Mawlynnong Meghalaya di India.

Banyak hal yang mendukung kebersihan dan kelestarian di desa ini. Salah satunya adalah adanya aturan adat yang melarang kendaraan bermesin masuk ke desa.

Tidak hanya kebersihan lingkungan saja yang ditawarkan di Desa Penglipuran. Dengan status sebagai desa adat, di sini Anda juga akan mendapati sajian budaya dan adat-istiadat setempat yang masih terjaga dengan baik.

Berada diketinggian 600 – 700 m di atas permukaan laut, Desa Penglipuran menghadirkan udara yang sejuk dan segar khas pegunungan. Didukung dengan suasana yang masih asri dengan banyaknya pepohonan yang rindah dan aneka bunga warna-warni makin menjadikan Desa Penglipuran bisa Anda jadikan tempat bersantai yang optimal.

Sejak masa Kerajaan Bangli yakni pada 700 tahun yang lalu, Desa Penglipuran memang sudah dikenal sebagai tempat peristirahatan para raja.

Foto: itineraryku.blogspot.co.id

Untuk masuk dan menikmati wisata Desa Penglipuran yang ada di Kelurahan Kubu, Kabupaten Bangli, Bali ini Anda harus mempersiapkan dana untuk tiketnya. Untuk wisatawan lokal tarif masuknya Rp 15.000 per orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Sementara untuk wisatawan mancanegara tarif masuknya adalah Rp 30.000/orang dewasa dan Rp 25.000/anak. Siapkan juga dana untuk parkir kendaraaan yakni Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *