Jalan-jalan ke Candi Pawon, Kurang Afdol Kalau Belum Minum Kopi Luwak

Kalau bicara soal pariwisata di Magelang, Jawa Tengah, yang terlintas di benak para traveller pasti tertuju pada Candi Borobudur. Padahal masih terdapat candi lain di daerah ini, yakni Candi Pawon yang tentunya memiliki karakteristik keindahan tersendiri.

Selain menikmati keindahan Candi Pawon, wisatawan pun dapat menyeruput nikmatnya kopi luwak yang ada di sekitar candi tersebut. Pawon Luwak Coffee, begitu namanya. Tempat ini terletak di Jalan Candi Pawon, Wanurejo, Borobudur, Magelang. Rumah kopi tersebut menyuguhkan kopi luwak dengan cita rasa asli, yang perlu untuk kamu coba.

Baca juga:
Candi Borobudur, Mengagumi Karya Leluhur Nusantara
Ini Lima Kuliner Olahan Kambing Tersohor dari Berbagai Daerah di Indonesia

Cita rasa kopi olahan Aji Pranada selaku pemilik Pawon Luwak Coffee, memang berasal dari biji kopi yang dimakan oleh binatang Luwak.

“Hewan Luwak memang secara naluri bisa memilih biji-biji kopi yang dimakannya, sehingga biji-biji kopi hasil kotoran hewan tersebut merupakan bijian kopi yang mempunyai kualitas terbaik,” terang Aji kepada Tribun Jogja.

Hasil fermentasi alami dari luwak itulah yang membuat kopi tersebut memiliki tingkat keasaman yang terbilang rendah dan memiliki aroma yang segar.

“Selain itu bijian kopi dengan kualitas terbaik inilah yang membuat aromanya sangat segar,” tambahnya.

Dari segi arsitektur, Pawon Luwak Coffee memiliki struktur bangunan yang tak terlalu besar. Rumah kopiini sekilas mirip dengan mayoritas rumah penduduk di sekitarnya dengan arsitektur khas Jawa.

Selain mencicipi kopi, di tempat ini wisatawan juga bisa melihat langsung hewan luwak yang dipelihara di bagian taman belakang rumah kopi tersebut. Sambil menyeruut kopi, Anda dapat pula melihat mereka secara dekat.

Tak hanya itu, para pengunjung pun bisa melihat langsung proses produksi kopi. Mulai dari proses pemilihan biji kopi, penjemuran, pencucian, penumbukan hingga proses sangria biji kopi.

Pengunjung bisa membeli kopi dalam bentuk siap saji, biji maupun kopi giling. Mayoritas pengunjung yang datang ke Pawon Luwak Coffee berasal dari luar negeri lhoo!

Harga secangkir kopi di Pawon Luwak Coffee dibandrol mulai harga Rp20.000,- hingga Rp300.000,-. Ada jenis kopi yang dapat dipilih oleh pengunjung, yakni Arabica dan Robusta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *