Ini Cara Menyimpan Kopi Agar Tetap Nikmat

Indonesia, negara kepulauan yang kaya akan hasil kopinya. Tahukah kamu, bahwa ternyata kopi adalah salah satu bahan minuman yang dapat disimpan lama. Namun, ternyata cara penyimpanan kopi sangat berpengaruh terhadap kualitas rasanya untuk dinikmati.

Seperti yang ditututkan Viki Rahardja, Barista Indonesia penyandang gelar CTI Battle Latte Art Asia 2016, “Kopi juga punya batasan waktu, dia enggak sampe jamuran, gak basi juga, cuma salah-salah nyimpan bisa hilang cita rasanya.”

Sang barista pun membagi tips tentang bagaimana cara menyimpan kopi yang benar, agar awet dan tetap terjaga cita rasanya.

Baca juga:
Menyaring Kopi dengan Kain Tenun Gedong, Apa Rasanya?
Menikmati Malam Yogyakarta Penuh Kesan dengan Kopi Joss Lik Man

Simpan dalam bentuk biji kopi

Ditekankan olehnya, cara terbaik mempertahankan kesegaran cita rasa kopi adalah saat kopi masih berbentuk biji, atau bean. Karena jika kopi berbentuk bubuk atau tepung, aromanya akan cepat hilang.

Tempat yang tepat

Menyimpan kopi harus di tempat yang mengeluarkan udara tapi tanpa memasukkan udara. Karena biji kopi yang baru di-roasting atau digoreng akan menghasilkan gas, gas tersebut yang harus dikeluarkan secara teratur.

“Rekomendasinya pakai plastik kopi yang ada seal udaranya. Dia bisa ngeluarin udara dari dalam, tapi gak bisa masukin udara dari luar,” terang Viki.

Opsi lainnya, kamu bisa memindahkan ke semacam stoples yang juga memiliki saluran udara serupa. Jika tidak, stoples bisa Anda buka secara teratur di waktu tertentu untuk mengeluarkan gas dari biji kopinya.

Suhu atau ruangan

Seperti bahan makanan lain, suhu dan ruangan penyimpanan sangat berpengaruh terhadap kualitas kopi. Karena sifat kopi ialah menyerap bau yang dekat darinya. Nah, hal yang perlu diperhatkan ialah kamu perlu menjauhkan kopi dari barang-barang berbau menyengat.

Selain itu, kamu juga perlu untuk menjaga suhu ruang penyimpanan kopi agar tidak terlalu panas , atau juga dingin seperti di kulkas. Perlu diperhatikan, ruangan yang lembab juga akan menurunkan kualitas biji kopi, dan jangan biarkan biji kopi terkena sinar matahari secara langsung.

Batas waktu menyimpan kopi

Setelah penyimpanannya benar, ternyata kopi juga punya batas waktu simpan terbaik. Kopi masih segar dan terasa nikmat, jika disimpan kurang dari dua bulan.

“Dua bulan batasnya, sebenarnya bisa saja lebih, cuma nanti sudah terasa kurang enak, sudah menguap. Baiknya diganti baru,” jelas sang barista yang sudah melanglang buana ke berbagai negara untuk mempromosikan kopi Indonesia.

 

Sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *