5 Pantai Ini Pernah Jadi Lokasi Upacara 17 Agustus Bawah Laut

Hari kemerdekaan Indonesia diselenggarakan setiap tanggal 17 Agustus. Dalam menyambut hari kemerdekaan tersebut, biasanya masyakarat di seluruh negeri akan melaksanakan kegiatan seperti upacara bendera, perlombaan, dan festival nusantara lainnya.

Ternyata, upacara kemerdekaan tidak hanya dilaksanakan di Istana Merdeka, sekolah, atau gedung perkantoran. Ada juga sekelompok orang yang melaksanakannya di dasar lautan. Berikut beberapa pantai di Indonesia yang pernah dijadikan lokasi upacara 17 Agustusan bawah laut tersebut.

Baca juga:
Sambut 72 tahun Kemerdekaan Indonesia, Istri Kapolri Gelar Defile Sangsaka Merah Putih di Dasar Laut
Taman Laut Terindah di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

Laut Kampung Saunek Raja Ampat, Papua Barat

Foto: Dok. Pribadi

Destinasi satu ini merupakan kebanggaan pariwisata Indonesia. Kecantikan alamnya pun sudah diakui dunia. Kegiatan upacara bendera HUT RI ke-71 di Laut Kampung Saunek Raja Ampat dipimpin oleh Tri Tito Karnavian, istri Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) dan anggota Bhayangkari dari seluruh Indonesia.

Pantai Baron, Yogyakarta

Foto: tirto.id

Pengibaran bendera merah putih dalam rangak HUT RI ke-71 di sini digelar 200 meter dari garis pantai. Peserta upacaranya terdiri dari berbagai kalangan, seperti nelayan, tim SAR daerah, komunitas sadar wisata, para relawan, hingga masyarakat umum.

Pantai Gapang, Aceh

Foto: elshinta.com

Pantai Gapang terletak di Kota Sabang, Pulau Weh, Nangroe Aceh Darussalam. Pantai ini terkenal dengan kondisi alam yang masih terjaga keaslian dan kebersihannya. Karena keindahannya yang terkenal tersebut, maka pantai Gapang digunakan sebagai lokasi upacara 17 Agustus bawah laut yang ke 70. Kegiatan peringatan HUT RI ke-70 tersebut dilaksanakan oleh sekitar 150 penyelam profesional dan traveler.

Pantai Tapal Kuda, Teluk Ambon, Maluku

Foto: rimanews.com

Kegiatan upacara 17 Agustus di Pantai Tapal Kuda, Teluk Ambon dilaksanakan pertama kali pada tahun 2015 lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Maluku, TNI, aparat ,kepolisian dan warga setempat. Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih di kedalaman 12 meter.

Pantai Tulamben, Bali

Foto: tribunnews.com

Agustus tahun 2016, organisasi pemandu selam Tulamben mendampingi komunitas difabel dan Mother Love Nature Diving Club untuk melaksanakan upacara dalam rangka menyambut detik-detik proklamasi di dasar Pantai Tulamben, Karangasem Bali. Tidak sekedar memeriahkan HUT RI, kegiatan ini juga ingin membuktikan bahwa kelompok yang memiliki keterbatasan fisik pun dapat melakukan olahraga ekstrem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *