Menikmati Sufring di Atas Pasir, ya Cuma di Gumuk Parangkusumo

Kegiatan berselancar, atau surfing pada umumnya dilakukan di atas gulungan ombak laut. Tapi tidak demikian jika kamu berkunjung ke Yogyakarta.

Walaupun Yogyakarta memiliki koleksi pantai yang menawan, namun wisatawan justru memilih berselancar di tempat lain. Mereka justru memilih surfing di atas pasir, tepatnya di Gumuk Parangkusumo.

Gumuk Parangkusumo sebenarnya merupakan sebuah fenomena alam unik. Pasir dari gunung dibawa oleh aliran sungai dan terhempas oleh ombak laut serta terbawa oleh angin. Dari rangkaian peristiwa tersebut muncullah hamparan dan gundukan pasir yang dalam bahasa Jawa disebut gumuk.

Baca juga:
Pantai Tangsi, Nikmati Eksotisnya Pasir Pantai Berwarna Pink
Mau Lihat Pelangi di Malam Hari? Datang Saja ke Curug Cimahi

Menurut peneliti, fenomena gumuk pasir di Jogja ini hanya ada satu-satunya di Asia Tenggara.

Suasana gumuk ini seperti berada di padang pasir karena pasir yang harus dan terhampar luas. Tidak hanya itu, suhu udara yang amat panas di Gumuk Parangkusumo juga mirip dengan suhu di gurun pasir Timur Tengah. Demikian juga suhu pada malam hari yang turun drastis menjadi amat dingin.

Foto: piknikasik.com

Keberadaan pasir di gumuk ini terbentang sejauh 2 km sepanjang pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Dengan luas dan halusnya butiran pasir di Gumuk Parangkusumo membuat kegiatan sandboarding atau selancar pasir sangat asyik dilakukan. Layaknya berselancar di laut, para peselancar sandboarding akan berselancar di atas papan dari atas sebuah gundukan pasir dan turun ke bawah gundukan.

Kegiatan sandboarding di Gumuk Parangkusumo ini memang sangat digemari pengunjung. Bahkan karena banyak yang penasaran, ada pihak yang menyewakan beberapa perlengkapan sandboarding, seperti papan selancar, helm, pengamanan siku dan lutut kepada para pengunjung.

Tarif sewa perlengkapan sandboarding di Gumuk Parangkusumo adalah Rp 200.000 per orang dengan ketentuan minimal 6 orang dan durasi permainan selama 2 jam. Sementara untuk tiket masuk Gumuk Parangkusumo adalah Rp 3.000 per orang.

Gumuk Pasir Parangkusumo yang pernah dijadikan lokasi syuting video klip Agnes Monica dan grup band Letto, serta syuting film Wanita Berkalung Sorban ini berlokasi Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *