Liburan ke Banyuwangi? Jangan Lupa Datang ke Wisata Agro Ini

Namanya Perkebunan Kaliklatak. Ini adalah salah satu perkebunan tertua di Banyuwangi.

Perkebunan yang awalnya membudidayakan kopi, kakao dan karet ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Pada pertengahan abad 19, perkebunan ini dikelola oleh perusahaan Belanda Mij Moorman & Co.

Pasca kemerdekaan, tepatnya tahun 1957, perkebunan Kaliklatak berpindah tangan ke seorang pribumi bernama R. Soehoed Prawiroatmodjo. Ditangan R. Soehoed Prawiroatmodjo ini Perkebunan Kaliklatak berkembang pesat dengan membudidayakan varietas lain, seperti vanili, lada, kayu putih, cengkeh, pala, kayu manis, dan buah-buahan.

Baca juga:
Kalireco, Pesona Pemandian Alam di Kaki Gunung Arjuna
Pantai di Banyuwangi Ini Akan Menjadi Merah Saat Jelang Senja

Menariknya, di tangan R. Soehoed Prawiroatmodjo Perkebunan Kaliklatak juga berkembang menjadi destinasi wisata berkonsep agro. Tak ayal, saat ini Perkebunan Kaliklatak dikenal perintis wisata agro, tak hanya di Banyuwangi tapi juga di Indonesia.

Foto: telusurindonesia.com

Berkunjung ke Perkebunan Kaliklatak membuat wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan menarik. Wisatawan  akan disuguhi pemandangan alam yang indah dengan rimbunnya pepohonan.

Jika berkunjung ke tempat ini, siapkan tenaga untuk menuju puncak kawasan Kaliklatak yang ada di puncak Hargosonyo. Di ketinggian 850 meterdi atas permukaan laut ini, pemandangan akan nampak lebih indah karena Anda bisa mendapati panorama Kota Banyuwangi, Selat Bali, Semenanjung Blambangan, hingga Pulau Bali dari kejauhan.

Berada di Perkebunan Kaliklatak ini wisatawan juga bisa melihat secara langsung proses pengolahan karet dan kopi dari mulai penanaman hingga proses pengemasan.

Dengan bantuan pemandu wisata para wisatawan juga bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang ilmu budidaya dan juga pengolahan tanaman agro.

Dengan luas area mencapai 1.013 hektar, Perkebunan Kaliklatak menawarkan tempat bersantai yang akan membuat tiap pengunjungnya merasa nyaman dan rileks.

Dari Pusat Kota Bayuwangi, Wisata Agro Kaliklatak berjarak sekitar 15 km ke arah sebelah Barat. Perjalanan ke Perkebunan Kaliklatak ini akan melalui beberapa daerah pedesaaan dan juga daerah pedalaman dengan pemandangan yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *