Gang Sanan, Pusat Industri Keripik Tempe Khas Malang

Berkunjung ke Kota Malang, Jawa Timur tentu tidak lengkap bila tidak membeli oleh-oleh. Salah satu oleh-oleh khas Kota Malang selain Apel yang bisa didapati adalah keripik tempe. Keripik tempe khas Malang sudah terkenal karena sudah dipasarkan hingga mancanegara.

Tempat membeli oleh-oleh keripik tempe khas Malang ini bisa dijumpai di beberapa lokasi. Salah satu sentra produksi keripik tempe berada di Gang Sanan. Lokasinya tepat di Kelurahan Purwantoro, kecamatan Belimbing, Kota Malang.

Baca juga:
Kota Malang Pun Punya Sentra Kerajinan Keramik
Wisata Rumah Hobbit di Taman Kelinci Malang

Gang Sanan merupakan sentra industri keripik tempe yang sudah melegenda di Malang. Setidaknya 80 persen penduduk Gang Sanan mencari nafkah dari industri keripik tempe.

Proses produksi keripik tempe. Foto: elyviainayah.blogspot.co.id

Setiap harinya warga di Gang Sanan memproduksi keripik tempe, dari proses pembuatan tempe, pemotongan, penggorengan hingga pemasaran produknya.

Tak hanya proses produksi keripik tempe yang menarik, dinding-dinding di kawasan ini juga dipenuhi dengan gambar-gambar graviti yang memanjakan mata. Tak ayal jika daerah ini ditetapkan sebagai kampung wisata.

Keripik tempe khas Malang ini memiliki beragam varian rasa, dari rasa original, pedas-manis, balado, keju, rumput laut, barbeque, jagung, dan lain sebagainya.

Akses jalan menuju ke Gang Sanan ini terbilang sudah baik. Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi atau bisa juga naik angkutan umum.

Dari alun-alun Kota Malang Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda ke Jalan Agus Salim untuk kemudian ke Jalan Gatot Subroto dan Jalan Panglima Sudirman hingga tiba di daerah Lapangan Rampal.

Dari Lapangan Rampal lanjutkan perjalanan ke arah Jalan Raden Tumenggung Suryo hingga tiba di Toko Oleh-oleh Lancar Jaya. Gang Sanan berada di sebelah kanan toko tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *