Menikmati Malam Yogyakarta Penuh Kesan dengan Kopi Joss Lik Man

Tak lengkap rasanya bila berlibur tanpa berkuliner. Apalagi bila Anda berlibur ke daerah tertentu yang punya kultur khas seperti Yogyakarta.

Dengan segala keistimewaannya, Yogyakarta memang menawarkan banyak sajian unik dan khas untuk dinikmati oleh para wisatawan. Salah satu sajian khas Jogja selain Gudeg dan Bakpia yang harus dicoba para wisatawan adalah Kopi Joss.

Kopi Joss adalah kopi unik. Bukan jenis biji kopi yang membuatnya berbeda, tapi campuran di dalam penyajiannya.

Baca juga:
Bukit Mojo Gumelem, Wisata Jogja dengan Spot Fotog yang Instagramable
The Lost World Castle, Lokasi Wisata Rasa Inggris di Jogja

Jika biasanya kita minum kopi dengan campuran gula, krim, atau susu. Kopi Joss menawarkan kopi yang dicampur dengan arang yang masih membara. Dinamakan Kopi Joss karena ada bunyi “joss…” saat arang yang membara dimasukkan ke dalam seduhan kopi.

 

Tampilan kopi joss, kopi yang dicampur arang membara. Foto: yogya-backpacker.com

Arang dalam Kopi Joss ini bukan hanya sekedar memberikan rasa yang unik. Masyarakat lokal percaya, arang mampu menetralisir kafein. Selain itu, arang juga dipercaya bisa mengembalikan stamina tubuh yang kelelahan.

Tak perlu khawatir tentang kandungan yang ada pada Kopi Joss. Sebab Kopi Joss konon muncul dari penelitian yang dilakukan mahasiwa Universitas Gadjah Mada.

Untuk menikmati sajian Kopi Joss yang unik ini, Anda bisa datang ke Angkringan Lik Man yang berada di Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta. Sebenarnya sajian Kopi Joss ada dhampir di setiap angkringan, namun Angkringan Lik Man terbilang lengendaris karena sudah ada sejak tahun 1969.

Tidak hanya legendaris, Angkringan Lik Man sangat populer karena beberapa tokoh ternama, seperti seniman Djaduk Ferianto, Butet Kertarajasa, Bondan Nusantara, Marwoto, dan Emha Ainun Nadjib pernah mampir dan menikmati sajian khas di sini.

Dengan konsep khas angkringan yang sederhana, Anda akan bisa mendapati suasana yang berbeda dengan tempat maka lainnya. Di Angkringan Anda bisa duduk di bangku kayu atau hanya beralaskan tikar. Adanya gerobak kayu khas angkringan pastinya akan membuat Anda bisa menikmati makan malam bertema tradisonal.

Angkringan Lik Man hanya buka pada malam hari. Jadi berkuliner di Angkringan Lik Man bisa sekaligus membuat Anda menikmati suasana malam Jogja yang penuh pesona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *