Tempat Mandi Bidadari Itu Ternyata Ada di Lombok

Berada di kaki Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ada sebuah air terjun sekaligus pemandian yang sangat eksotis. Air terjun yang berada tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara ini menjadi destinasi wisata yang mengesankan.

Dengan airnya yang jernih, Pelancong bisa mandi dan berenang dengan sensasi segar tiada tara di air terjun ini. Menariknya, Air Terjun yang di bawahnya terdapat kolam pemandian ini diyakini pernah menjadi tempat mandi para bidadari sewaktu turun ke bumi.

Baca juga:
Adu Kejantanan Ala Lombok
Taman Narmada, Taman Indah Pengganti Gunung Rinjani

Selain kisah para bidadari yang mandi di kolam air terjun, konon nama Sendang Gile berawal dari perburuan singa gila (sengang gile) yang mengamuk.

Ketika dikejar dan diburu, singa yang mengamuk ini masuk ke dalam hutan dan menuju air terjun. Legenda Singa gila inilah asal nama Sendang Gile yang memiliki arti “mata air gila”.

Berada di kawasan hutan akan membuat udara di sekitar air terjun terasa sejuk. Pelancong pun bisa bersantai dengan maksimal sambil menghilangkan segala jenuh dan penat. Menariknya lagi, air di Sendang Gile ini dipercaya bisa membuat orang yang mandi atau hanya membasuh muka jadi nampak lebih muda.

Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini bisa wisatawan tuju dengan dengan waktu sekitar 2 jam melalui rute kawasan pantai Senggigi – Bukit Malimbu. Jalur ini merupakan jalur pesisir Barat Pulau Lombok. Sesampianya di pintu masuk, pengunjung tinggal berjalan kaki selama kurang lebih 15-20 menit untuk sampai di lokasi air terjun.

Untuk masuk dan menikmati wisata Air Terjun Sendang Gile ini Anda hanya perlu membayar tarif sebesar Rp 2.000/orang. Mengenai fasilitasnya, pengunjung tidak perlu khawatir, sebab di sini pengunjung bisa menjumpai beberapa sarana yang terbilang baik, seperti area parkir, musholla, toilet umum, warung makan serta tempat penginapan yang tidak jauh dari lokasi wisata.

Agar lebih aman dan nyaman saat berwisata ke Sendang Gile, disarankan Anda menghindari musim hujan. Sebab bila hujan maka biasanya pihak pengelola akan menutup lokasi karena dikhawatirkan terjadi longsor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *