Akan Ada Parade Batik di Jakarta Pada 2 Oktober Mendatang

Memperingati Hari Batik Nasional, Pemprov DKI Jakarta dan Yayasan Batik Indonesia bakal menggelar parade batik. Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati mengatakan, parade batik akan digelar dari Bundaran HI sampai Sarinah. Semula parade akan digelar di Gelora Bung Karno (GBK).

“Jadi nanti (parade batik) akan ada model yang fashion show secara vertikal menggunakan batik,” ujar Tinia di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (14/7).

Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat mengatakan, parade batik dijadikan momentum untuk lebih memasyarakatkan batik. Saat ini batik sudah membudaya, memasyarakat dan sebagai warisan budaya Tanah Air.

Menurut Djarot, di beberapa daerah batik lokal sudah berkembang, termasuk di Jakarta. Bahkan kerajinan batik terus dikembangkan dengan melatih penghuni rumah susun (rusun).

“Saya senang sekali sekarang sudah tumbuh batik lokal, terutama motifnya. Di Jakarta sudah dikembangkan bagi penghuni rusun,” ucap Djarot.

 

Sumber: Gatra.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *