Popokan, Ritual Adat Pengusiran Binatang Buas di Semarang

Sendang merupakan sebuah desa di Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Desa Sendang terkenal akan budayanya yang unik yang bernama tradisi popokan.

Popokan diperingati sebagai wujud rasa syukur masyarakat khususnya bagi para petani desa sendang kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang diperoleh. Selain itu mereka juga memohon berkah keselamatan bagi masyarakat setempat khususnya bagi para petani.

Popokan merupakan adat nenek moyang yang masih dilestarikan. Tradisi popokan juga dikenal ampuh untuk mengusir binatang buas seperti macan dan harimau di sekitar permukiman warga yang seringkali merusak area persawahan.

Konon, jaman dahulu pengusiran binatang buas dilakukan dengan cara melemparkan makanan sejenis kue jenang atau gemblang kepada binatang tersebut.

Harapannya, binatang buas segera pergi dari permukiman dan persawahan warga setelah memakan kue jenang atau gemblang itu. Seiring berjalannya waktu, kini jenang atau gemblang pun diganti menjadi lumpur yang diambil dari persawahan untuk dilemparkan kepada warga sekitar. Jadilah hingga sekarang Popokan justru dikenal sebagai tradisi perang lumpur.

Aksi lempar lumpur antar warga sangatlah meriah, karena tradisi ini diikuti oleh anak-anak, remaja, hingga dewasa. Dalam aksi lempar lumpur, mereka tampak asyik saling melempar tanpa adanya sasaran yang jelas.

Bahkan, aksi kejar-mengejar di area persawahan pun berlangsung sangat meriah. Bagi yang terkena lemparan lumpur, mereka tidak boleh dendam. Sebaliknya, terkena lemparan lumpur justru dipercaya mendapatkan berkah yang banyak.

Sebelum memulai aksi lempar lumpur, warga harus melakukan ritual dengan mengarak boneka macan yang didalamnya berisikan orang.

Setelah itu dilanjutkan dengan berebut ayam panggang dan nasi tumpeng yang dibawakan oleh para sesepuh masyarakat sekitar. Jika ritual ini sudah selesai dilaksanakan, maka aksi lempar lumpur yang ditunggu-tunggu pun digelar di jalan raya antar desa yang lokasinya berada di area persawahan Desa Bancak Kabupaten Semarang dan Desa Sendang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *