Siapa Bilang Cirebon Miskin Tempat Wisata? Coba Cirebon Waterland!

Cirebon sebagai salah satu daerah di utara pulau Jawa, belum dikenal sebagai destinasi wisata favorit. Selama ini Cirebon hanya dikenal dengan batiknya, namun tidak dengan wisata lainnya. Padahal, Cirebon saat ini juga memiliki banyak tempat wisata yang tak kalah menariknya dengan daerah lain.

Berwisata ke Cirebon bersama keluarga bisa mencoba wahana wisata air yang satu ini. Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Cirebon Waterland selalu dibuka untuk umum, bahkan saat masa Idul Fitri kemarin. Front Office Cirebon Waterland, Yeni Yesika mengatakan Lebaran hari pertama Cirebon Waterland tetap buka.

Pengunjung bisa berwisata di tempat ini mulai pukul 09.00 hingga pukul 21.00 WIB. Sementara di hari Lebaran kedua, buka seperti biasa mulai pukul 06.00 hingga pukul 21.00 WIB.

Untuk tiketnya, tiket Cirebon Waterland dibanderol dengan harga Rp70 ribu. Tiket terusan itu sudah termasuk fasilitas berenang.

Jika ingin menikmati permainan di Cirebon Waterland, pengunjung bisa memilih berbagai aneka mainan. Selain aneka wahana permainan dan kolam renang, di area Cirebon Waterland juga terdapat restoran Tomodachi. Pengunjung juga bisa sekaligus pesan tiket deposit seharga Rp50 ribu per orang.

Tiket deposit tersebut bisa dipakai untuk makan di Tomodachi. Adapun jam operasional Tomodachi pada momen Lebaran mulai pukul 09.00 hingga pukul 23.00 WIB.

Selain Tomodachi, di area Cirebon Waterland juga rencananya akan dipasang stall-stall makanan yang tersebar di area kolam maupun taman dengan menawarkan sajian Pop Mie, bakso, es krim, aneka minuman, dan sebagainya.

“Keunggulan kami juga punya lahan parkir yang luas yang siap menampung pengunjung,” tuturnya seperti dikutip Radarcirebon.com.

Sebagai bentuk antisipasi lonjakan pengunjung, pihaknya juga melakukan berbagai persiapan. Salah satunya penambahan tenaga casual di setiap divisi.

“Divisi front office nambah 5 orang, life guard 9 orang, cleaning service sekitar 15 orang, keamanan juga kita sudah kerja sama dengan kepolisian Lemahwungkuk, dan termasuk juga kita siapkan P3K untuk pengunjung,” jelasnya.

Selain Cirebon Waterland, tempat wisata lainnya yang juga mempersiapkan momen Lebaran adalah Water Boom Grage City. Bagi keluarga yang berencana untuk mengajak buah hati berenang di satu kawasan mal, Water Boom Grage City bisa jadi pilihan.

Karena, di hari Lebaran, Water Boom Grage City tetap buka. Lebaran hari pertama buka mulai pukul 10.00 hingga pukul 19.00 WIB. Sementara Lebaran hari kedua pukul 07.00 hingga pukul 19.00 WIB.

Managing Director Grage Group, Ratu Sukmayani menyebutkan bahwa Water Boom Grage City menawarkan tarif Rp30 ribu selama momen libur Lebaran hingga tanggal 9 Juli mendatang. Setelah itu, kembali ke harga normal yaitu Rp20 ribu.

Sejumlah persiapan pun dilakukan. Mulai dari penambahan life guard, hingga penambahan 3 booth food and beverages.

“Tenda-tenda untuk yang nunggu keluarganya berenang juga kita siapkan supaya mereka lebih nyaman,” imbuhnya.

Selain Cirebon Waterland dan Water Boom Grage City, tempat wisata belanja BT Batik Trusmi juga melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya adalah tetap buka di hari Lebaran.

Marketing Manager BT Batik Trusmi, Choki menyebutkan bahwa BT Batik Trusmi hari pertama Lebaran akan buka mulai pukul 12.00 hingga pukul 21.00 WIB. Hari kedua Lebaran, normal seperti biasa mulai pukul 08.00 hingga pukul 21.00 WIB.

“Sementara di malam takbiran, jam operasional hanya sampai jam tujuh malam,” ujarnya.

Sejumlah persiapan pun dilakukan. Di antaranya penambahan stok barang, terutama produk-produk dengan harga terjangkau seperti batik atasan untuk laki-laki dan perempuan dengan harga Rp 39 ribu dapat 2 item dan kain batik ekslusif dengan harga Rp100 ribu dapat 3 item. Serta, memaksimalkan fasilitas yang tersedia agar pengunjung nyaman.

Misalnya area parkir, sudah disterilkan dan dirapikan, untuk menampung hingga 200 kendaraan. Selain itu, diluncurkan arena bermain anak Trusmi Land yang baru diluncurkan belum lama ini.

“Arena bermain ini dirancang untuk anak-anak sambil menunggu orang tuanya belanja. Ada mandi bola, serodotan, dan masih banyak lainnya,” tuturnya.

Di samping itu, fasilitas seperti ruangan full AC, musola full AC, ATM Center, toilet, dan keamanan yang juga dipersiapkan dengan baik demi kenyamanan pengunjung.

Termasuk juga fasilitas Batik Kitchen yang merupakan tempat kuliner khas Cirebon yang masih berada pada satu kawasan di BT Batik Trusmi.

“Semua itu kami lakukan untuk mempersiapkan lonjakan pengunjung yang bisa berlipat-lipat pada hari H sampai H+5 Lebaran,” tukasnya.

 

Sumber: Radarcirebon.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *