Wisata Kebun Kopi Membosankan? Siapa Bilang?

Ada pepatah yang bilang, menikmati kopi nikmat harus langsung dari kebun kopinya. Bagi pecinta kopi Indonesia, mencari-cari kebun kopi yang bisa didatangi untuk langsung meneguk kenikmatan si hitam berkafein dari para petani tentu menjadi pengalaman unik yang tak terlupakan.

Salah satu tempat yang menjadi favorit para pecinta kopi berada di daerah Pengalengan, sekitar 40 kilometer ke arah selatan dari Kota Bandung. Di sini kamu tidak hanya bisa menikmati seduhan kopi langsung dari kebunnya, namun juga berwisata di kebun kopi.

Baca juga:
Merasakan Budaya Belanda di Bandung
Inilah 5 Taman di Bandung yang Wajib Disambangi

Kopi yang terkenal di wilayah tersebut yakni Java Preanger Coffee. Kopi ini sangat terkenal di kalangan penggemar kopi Indonesia dan mancanegara.

Terletak di daerah penggunangan Malabar Pengalengan, Bandung, Jawa Barat, di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, kebun kopi Java Preanger tumbuh dengan subur diwilayah tersebut. Berikut keunikan wisata kebun kopi di Pengalengan.

Coffeeshop dengan Pemandangan Kebun Teh

Teerdapat sebuah kedai kopi unik di salah satu sudut kebun kopi Pengalengan. Namanya Kopi Malabar Indonesia. Lokasinya di Jalan SMPN 1 Pasirmulya, tepat di dalam di perkebunan teh.

Di kedai ini kamu bisa menikmati aneka kopi andalan dari peggunungan Malabar, seperti Java Preanger Coffe hingga Kopi Luwak Malabar.

Suasana sejuk dan pemandangan indah tidak akan bisa didapat di kedai kopi manapun. Harga yang ditawarkan Kopi Malabar Indonesia juga tidak terlalu mahal, mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 30.000, kamu sudah bisa menikmati kenikmatan kopi langsung dari petani. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa membeli biji kopi di Kopi Malabar Indonesia.

Melihat Kebon Kopi

Selain bisa menikmati kopi langsung dari para petani, para pecinta kopi juga bisa berkeliling kebun kopi. Pengunjung bisa melihat para petani yang sedang bekerja merawat kebun kopi sambil menikmati udara segar khas pegunungan.

Tak hanya membudidayakan Java Preanger Coffee, Kopi Malabar Indonesia juga melakukan budidaya kopi luwak Malabar dengan standar pemeliharan yang baik. Tak jauh dari kebon kopi terdapat penangkaran luwak yang memakan biji-biji kopi tersebut. Luwak-luwak ini akan mengolah biji tersebut di dalam perutnya dan dikeluarkan menjadi kopi luwak.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *