Sensasi Melihat Sunset Berbeda di Kalibiru

Tempat wisata baru di Kabupaten Kuloprogo, Yogyakarta dalam beberapa tahun terakhir mengalami kemajuan yang cukup pesat. Salah satu tempat wisata yang bisa dibilang baru dan cukup terkenal di Kabupaten Kulonprogo adalah wisata alam Kalibiru.

Pemberian nama Kalibiru sendiri mempunyai makna hamparan pemandangan yang dilihat dari pepohonan pinus sambil menatap langit bersemburat ungu, biru, dan jingga. Langit berwarna cantik itu berpadu dengan tenangnya air telaga dikejauhan. Keindahan alam di wisata alam Kalibiru inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Baca juga:
Kenapa Geblek Jadi Motif Batik Unggulan Kulonprogo? Ini Maknanya
Ingin Batiknya Dikenal, Kulonprogo Gelar Festival Batik on Street

Wisata Kalibiru terletak di Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kulonprogo, Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta jaraknya sekitar 38 kilometer yang bisa ditempuh selama 1,5 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Lelahnya menempuh jarak yang cukup jauh itu langsung dibayar tunai dengan indahnya pemandangan Kalibiru.

Aktivitas apa yang bisa dilakukan para wisatawan di Kalibiru?

Melihat Indahnya Matahari Tenggelam

Menikmati suasana matahari tenggelam di Kalibiru menjadi sebuah pengalaman unik. Sebab, pengunjung akan disuguhi tenggelamnya matahari dari sebatang pohon pinus yang menjulang tinggi di tepian jurang. Pada batang pohon pinus itu terdapat papan kayu lengkap dengan tangga gantungnya.

Di atas ketinggan tersebut pengunjung bisa menikmati indahnya Pegunungan Menoreh dengan Waduk Sermo di kakinya.  Di Kalibiru kita bisa dengan jelas melihat senja langit dengan warna-warni yang sungguh menakjubkan.

Flying Fox dan High Rope

Selain pemandangan yang sangat eksotis, wisatawan juga bisa memacu adrenalin dengan mencoba beberapa wahana outbond, seperti flying fox dan high rope di lokasi wisata alam Kalibiru.

Kegiatan outbond dimulai dengan memanjat batu, lalu meniti jaring-jaring di atas seutas tambang. Setelah itu, dilanjutkan dengan berjalan di atas sebuah jembatan kayu yang berada di ketinggian. Permainan ini diakhiri dengan meluncur lewat flying fox dan mendarat di atas sebuah pohon.

Trekking

Di wisata alam Kalibiru pengunjung bisa memilih jalur trekking dengan rute dan panjang jalur yang bisa di sesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Jarak terdekat yang bisa ditempuh sejauh dua sampai tiga kilometer dan terjauh empat sampai lima kilometer.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *