Kelok 9, Jalanan Berkelok dengan Suguhan Pemandangan Menakjubkan

Kelok 9 merupakan sebuah ruas jalan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat yang menghubungkan jalan Lintas Tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera. Panjangnya 2,5 km. Jalan ini biasa digunakan oleh mereka yang ingin melakukan perjalanan dari daerah sekitaran Payakumbuh ke daerah Riau Riau atau sebaliknya.

Menurut sejarah, jalanan kelok 9 sebenarnya sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Pembangunan Kelok 9 memang dimulai tahun 1908 dan selesai tahun 1914. Karena dirasa kurang baik dan juga semakin padat, maka kelok 9 kemudian diperbaiki dan dibangun ulang pada bulan November tahun 2003 oleh pemerintah pusat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Baca juga:
Wall Koto Gadang, Menikmati Tembok Besar China ala Indonesia di Bukittinggi
Menelisik Kemeriahan Prosesi Upacara Tabuik Di Pariaman

Kelok 9 memang terbilang mempesona. Sebab terdapat pemandangan alam luar biasa indah yang bisa kita saksikan. Spot terbaik untuk melihat pemandangan dan mengabadikan Kelok 9 ini ada di menara yang berada selepas jembatan.

Di menara ini kita bisa menyaksikan secara utuh dan jelas bentuk Jembatan dan Kelok 9 yang mengesankan dari ketinggian. Arsitektur Kelok 9 memang sangat unik dan memikat. Istimewanya lagi, konsep arsitektur Kelok 9 ini dibuat oleh anak bangsa.

Selain melakukan kegiatan fotografi, Kelok 9 juga merupakan spot terbaik untuk Anda beristirahat. Setelah menempuh perjalanan panjang dari Kota Payakumbuh atau dari Kota Riau maka Anda bisa beristirahat dengan maksimal di tempat ini.

Tempat istirahat bisa Anda jumpai di beberapa titik di pinggir jalan dengan fasilitas warung kecil. Di bulan September 2016 lalu, di salah satu area Kelok 9 juga telah dibangun fasilitas tempat istirahat yang berpadu dengan taman bermain anak dan juga pusat kuliner.

Meski beberapa fasilitas sudah lengkap dan juga jalanan yang mulus, namun Anda tetap perlu berhati-hati saat melintasi Kelok 9 ini. Sebab beberapa ruas jalan banyak terdapat tikungan tajam dan berbatasan langsung dengan jurang. Bahkan bila melihat lebar jalan Kelok 9 yang hanya lima meter membuat Anda wajib berkonsentrasi saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *