Melakukan Tantangan Permainan Masangin di Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Yogyakarta (Jogja) memang kota yang memiliki banyak keistimewaan. Tidak hanya budayanya, Yogyakarta juga menyuguhkan beragam hal menarik untuk ditelusuri. Salah satu tradisi yang unik dan menarik untuk bisa Anda coba lakukan di Jogja adalah melakukan permainan Masangin di Alun-Alun Kidul.

Tradisi Masangin memang sudah menjadi kegiatan yang populer dan melegenda. Kepopuleran Masangin selalu memikat wisatawan yang datang ke Jogja untuk melakukan dan membuktikan mitosnya.

Baca juga:

Inilah Candi Tertinggi di Yogyakarta dengan Nuansa Panorama Alam yang Memukau

Nikmati Sensasi Wisata Belanja di Pasar Tertua Yogyakarta

Permainan Masangin dilakukan dengan cara menutup mata dengan seikat kain dan berjalan lurus menuju ke arah dua beringin yang ada di depan. Targetnya, si penantang harus berhasil berjalan lurus melewati celah di antara dua pohon beringin besar.

Masyarakat percaya, mereka yang berhasil melalui celah itu adalah seorang yang memiliki hati bersih. Keinginan mereka yang berhasil menuntaskan tantangan juga akan terkabul.

Dari temppat ini, penantang Masangin akan mulai berjalan melewati celah pohon. Foto: yogya-backpacker.com

Meskipun kelihatan mudah, tapi permainan Masangin nyatanya tidak mudah dilakukan. Banyak orang yang mencoba berjalan lurus tapi kenyataannya jalannya menyamping, menjauhi celah di kedua pohon beringin.

Bila Anda ingin coba melakukan tantangan Masangin dan tidak membawa kain penutup mata, maka Anda bisa menyewa pada orang-orang di sekitar alun-alun yang menyediakannya. Tarif sewa penutup mata untuk permainan Masangin sekitar Rp 3.000.

Selain melakukan permainan Masangin, di Alun-Alun Kidul Jogja ini turis juga bisa menikmati permainan sepeda tandem tiga dengan tarif Rp 10.000 per tiga kali putaran alun-alun. Ada juga sepeda tandem dua dengan tarif sewa Rp 10.000 per empat putaran. Jangan takut bertanya dan menawat terlebih dulu sebelum menyewanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *