Deretan Desainer Dunia yang Berperan Kenalkan Batik

Batik sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia. Tidak hanya melengkapi koleksi pakaian sehari-hari yang kasual hingga pakaian resmi untuk acara-acara tertentu, batik juga sudah merambah dalam berbagai bentuk di semua bidang kehidupan.

Batik sudah dapat digunakan sebagai perlengkapan rumah tangga, misalnya taplak meja, sarung bantal, peralatan makan hingga cat rumah. Hal ini menjadi suatu kebanggan bagi bangsa Indonesia, sebagai kekayaan yang bernilai tinggi dan patut untuk dilestarikan.

Baca juga:
Ayu Arimbi, Batik Desa yang Go Internasional
International Batik Center, Tempat Belanja Batik Termodern

Hingga saat ini, batik sudah mulai merambah dunia internasional. Tidak hanya dikenal sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi dari Indonesia sejak 2 Oktober 2009, batik juga telah menunjukan eksistensinya di panggung fesyen dunia.

Para perancang dunia tertarik dan antusias untuk merancang busana dengan menggunakan kain batik Indonesia dalam koleksi mereka. Desainer fesyen dunia ini memang tidak menerapkan teknik membatik, tetapi hanya mengadaptasi motifnya untuk dipadukan menjadi busana yang modis.

Beberapa perancang yang menggunakan motif batik ini di antaranya Dries Van Noten, Nicole Miller, Burberry Prorsum, dan Diane Van Furstenberg.

Sebagai koleksi Sping/Summer 2010 yang dipamerkan di Paris Fashion Week, Dries Van Noten salah satu desiner Belgia memanfaatkan beberapa motif kain Indonesia. Di samping batik, desainer ini pun menggunakan motif tenun ikat serta tenun songket yang dicetak di atas bahan katun ataupun satin. Karya Van Noten juga memadupadankan motif-motif satu dengan lainnya yang sangat playful.

Perancang Amerika Nicole Miller mengeluarkan Resort Collection 2009 yang tampak jelas sekali menggunakan motif Batik Mega Mendung. Bertema “Bali”, Batik Mega  Mendung dipadupadankan dengan motif garis dan motif catur Bali yang biasa dipakai para pria di Pulau Dewata.

Motif Bali ini muncul dalam bentuk dress, kaftan, tunik, topi ataupun yang ditambahkan untuk sekedar aksen. Miller menggunakan motif Bali, karena ia menerima oleh-oleh dari asistennya yang telah melakukan perjalanannya ke Bali.

Adanya keterlibatan para desiner fashion papan atas ini, dinilai sebagai suatu cara untuk ikut serta dalam mempopulerkan batik di kancah fashion dunia internasional. Terbukti dengan beberapa selebritis Hollywood yang juga  punya andil cukup besar mengenakan busana dengan motif batik, di antaranya Lenka, Adel, dan Adam Clayton, ada pula Paris Hilton, Jessica Alba, Rachel Bilson, Reese Witherspoon, serta Nicole Richie.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *