Menikmati Suguhan 3 Batu Unik di Tanah Batak

Pulau Samosir, Sumatera Utara memang tidak hanya memiliki panorama alam yang indah dan budaya Batak yang kuat. Pulau yang berada di tengah-tengah Danau Toba ini juga memiliki peninggaln alam berupa batu unik yang menarik untuk dikunjungi.

Batu-batu ini memiliki beberapa keistimewaan tersendiri. Beberapa batu ajaib ini juga mempunyai kisah dan riwayatnya masing-masing. Berikut beberapa batu unik yang bisa dijumpai di Tanah Batak, kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Baca juga:
5 Hal yang Paling Asyik Dilakukan di Sekitaran Danau Toba
Menikmati Segala Pesona Pulau Samosir

Batu Hobon

Foto: silalahiadri.blogspot.co.id

Batu besar yang punya arti batu peti ini merupakan batu yang dikeramatkan warga karena adanya kepercayaan yang melingkupinya. Batu yang berada di kaki Gunung Pusuk Buhit, Kecamatan Sianjur ini ini diyakini merupakan tempat penyimpanan harta kekayaan peninggalan Raja Uti.

Jika melihat lebih detail maka akan dijumpai seperti ada sebuah celah atau lorong yang ada di bawah batu. Celah ini konon adalah pintu masuk sebuah goa. Di lorong inilah diyakini ada harta  dan juga beberapa peninggalan pusaka dari Raja Uti.

Masyarakat setempat menuturkan, orang yang nekat ingin mengambil harta Raja Uti di Batu Hobon ini selalu gagal dan mendapatkan kesialan atau musibah dalam hidupnya.

Batu Parsidangan

Foto: adindut.com

Batu ini memiliki kisah sekaligus menjadi saksi bisu dan bukti penegakan hukum batak di di Huta Siallagan. Batu Parsidangan pada masa lalu digunakan untuk mengadili sekaligus mengeksekusi orang yang terbukti bersalah.

Batu Parsidangan juga dianggap keramat dan mistis bagi masyarakat Batak. Sebab ada pada salah satu batu, dahulu digunakan untuk menghukum adat seseorang yang bersalah dengan hukuman mati dengan cara dipenggal. Batu Parsidangan ini berada di Desa Ambarita Kecamatan Simanindo di Kabupaten Samosir.

Batu Marhosa

Foto: anthonynh.blogspot.co.id

Batu yang satu ini punya keunikan karena konon bisa bernapas dengan mengelurkan udara yang celah-celah bebatuannya. Batu Marhosa memiliki arti batu Bernafas.

Namun menurut anggapan beberapa orang, udara yang muncul dari Batu Marhosa ini berasal dari ombak di Danau Toba yang menerjang bebatuan Marhosa yang memiliki celah sampai ke dasar danau. Meski ada anggapan ilmiahnya, namun batu ini tetap dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa sesajen yang bisa dijumpai di sekitar Batu Marhosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *