Ngabuburit, Tradisi Menunggu Datangnya Waktu Berbuka Pada Bulan Ramadhan

Indonesia memang punya banyak hal unik dan menarik. Salah satu hal menarik yang bisa dijumpai di Indonesia pada saat bulan puasa adalah tradisi Ngabuburit.

Kata Ngabuburit sebenarnya berasal dari bahasa Sunda yang memiliki kata dasar ‘burit’ yang berarti sore. Ditambahkan kata ‘Nga’ dan ‘bu’ yang artinya melakukan berulang-ulang. Maka, Ngabuburit berarti kebiasaan menunggu sore hari yang dilakukan terus-menerus.

Baca juga:
Sambut Bulan Ramadhan dengan Dugderan
Meugang, Tradisi Warga Aceh Sambut Bulan Ramadhan

Jika mendasarkan pada Kamus Bahasa Sunda dari Lembaga Basa dan Sastra Sunda (LBSS), maka kata ‘ngabuburit’ memiliki akronim ‘ngalantung ngadagoan burit’ yang artinya bersantai-santai sambil menunggu waktu sore.

Ngabuburit memang merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sejak lama oleh masyarakat Sunda di Jawa Barat menjelang sore hari. Sore hari selepas sholat ashar, ibu-ibu akan keluar ke rumah tetangga untuk bercengkerama sambil menganyam. Sementara anak-anak sendiri bermain keluar rumah bersama teman-temannya hingga petang atau maghrib tiba.

Kegiatan ibu-ibu dan anak-anak saat sore hari ini dilakukan sambil menunggu sang Ayah pulang dari ladang.

Kebiasaan Ngabuburit ini ternyata lama-lama makin merebak dan banyak dilakukan pada bulan Ramadhan. Bedanya, saat bulan Ramadhan, Ngabuburit berarti menunggu adzan maghrib untuk berbuka puasa.

Menariknya, tradisi Ngabuburit yang berasal dari masyarakat Sunda ini lantas menyebar ke seluruh penjuru tanah air dan menjadi istilah populer dan kegiatan favorit mengisi waktu luang menunggu buka puasa pada Bulan Ramadhan.

Beragam kegiatan bisa dilakukan saat Ngabuburit. Di daerah pedesaaan biasanya diisi dengan mengaji di Musholla dan Masjid. Ada juga yang bermain kelereng atau layang-layang di sawah.

Sementara masyarakat kota mengisi Ngabuburit ini dengan bersantai di Mall, mencari takjil, atau juga bersantai di Taman Kota serta Alun-alun. Keadaan sore hari yang sejuk memang menjadi waktu yang tepat untuk keluar rumah untuk Ngabuburit di Bulan Ramadhan.

Apapun kegiatan Ngabuburit yang dilakukan sambil menunggu waktu berbuka, semua orang tampak senang dan menikmatinya dengan ceria. Tapi harus diingat juga bahwa kegiatan Ngabuburit ini harus di isi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *