Mahasiswa Ini Kreasikan Kipas Batik dari Bulu Ayam

Demi mempopulerkan budaya Indonesia diperlukan sebuah inovasi yang unik. Seperti halnya yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) yang menyulap limbah bulu ayam jadi kipas motif batik.

Kipas unik yang dinamakan Butik tersebut dibuat oleh lima mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) UB yakni, Agus Wijaya, Agung Firnando Putra, Lanny Julistian Anggraini, Wahyu Alif Faizin, dan Tangguh Rizal Asakof.

Selain untuk mempopulerkan khas Indonesia yakni Batik, pembuatan kipas tangan unik dari limbah bulu ayam tersebut juga disebabkan oleh melimpahnya limbah bulu ayam yang tak digunakan.

“Konsumsi daging ayam masyarakat Indonesia tiap tahunnya semakin meningkat. Tingginya konsumsi daging ayam tersebut menghasilkan limbah bulu yang melimpah,” ungkap Ketua Tim, Agung Firnando yang dilansir dari laman UB beberapa waktu lalu.

Limbah bulu ayam itu, kata Agung, didapat dari salah satu rumah potong ayam di Lowokwaru, Malang. “Tujuan pembuatan kipas ini ialah untuk mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah bulu ayam yang berdampak negatif bagi kehidupan manusia. Selain itu sebagai upaya pelestarian batik,” tandasnya.

 

Sumber: Okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *