Membuat Dompet Lipat dari Kain Batik

Membuat kerajinan tangan dari kain batik tidak terpakai sangat mengasyikan terlebih barang yang dibuat tersebut bisa bermanfaat bagi kita dan orang lain. Salah satu kerajinan tangan yang mudah dengan menggunakan kain batik yakni dompet.

Saat ini banyak yang menjual berbagai jenis dompet dari kain batik. Namun membuat sendiri dompet lipat dari kain batik sisa akan menjadi pengalaman menarik bagi kamu.

Membuat dompet dari bahan kain batik sisa sebenarnya tidak terlalu sulit, kamu bisa menemukan alat dan bahan pembuatnya di toko-toko.

Kamu harus menyediakan gunting, jarum, benang, kain batik sisa, kain Sponbond untuk lapisan, viselin, kain perca beludru, dan kancing hias

Cara membuat dompet

  1. Buat bagian luar dompet lebih dahulu. Potong kain batik sisa, viselin dan kain sponbond berbentuk persegi panjang dengan ukuran 26 cm X 20 cm.
  2. Untuk bagian dalam dompet, potong lagi kain spondbond dengan ukuran 26 cm X 20 cm. Potong dua kain batik sisa dan viselin masing-masing mempunyai kuruan 26 cm X 7 cm dan 26 cm X 8 cm. Pemotongan ini dilakukan untuk menghemat penggunaan kain. Namun jika kamu terlalu sulit dan ribet memotong-motong kain bisa menggunakan kain batik sisa dan viselin dengan ukuran 26 cm xx 20 cm seperti ukuran kain sponbond.
  3. Pada bagian saku, potong kain katun, viselin, kain sponbond dengan ukuran sama yakni 20 cm X 8 cm. Untuk tempat kartu, potong kain katun dan ciselin sebanyak tiga dengan ukuran masih-masing 10 cm x 9 cm. Potong kain sponbond berukuran 20 cm x 9 cm. Kain sponbond ini menjadi alas untuk menjahit tempat kartu.
  4. Rekatkan viselin yang ada butiran seperti gula pada kain batik sisa kemudian dipanaskan dengan cara diseterika. Suhu seterika jangan terlalu panas agar kain yang sudah ditempeli viselin tidak bengkok.
  5. Lipat kain katun bagian atas dan bawah, kemudian jahit pada kain sponbond. Lakukan pula pada bagian yang lain. Sementara itu untuk bagian saku, jahit kelim pada salah satu sisinya. Demikian pula dengan tiga tempat kartu, jahit kelim semua pada salah satu sisinya.
  6. Jahit tempat kartu pada kain sponbond dengan cara berlapis, kemudian jahit kelim. Selanjutnya tempelkan tempat kartu dan saku pada kain sponbond. Gabungkan dompet bagian luar dan dalam dengan cara ditumpuk. Selanjutnya, jahit tepi tempat kartu menindas dompet bagian luar. Terakhir jahit kelim pada sisi dompet sampai pada bagian yang dijahit tindas tadi. Proses selanjutnya adalah memasang kancing magnet pada bagian luar dan dalam dompet.
  7. Langkah terakhir yakni menjait bisban pada smeua sisi dompet. Untuk lebih mempermanis dan mempercantik dompet, beri hiasan bunga pada kain batik sisa.

 

Penulis  : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *