Inilah Batik Asli Kawasan Lokalisasi Dolly

Siapa yang tidak mengenal Dolly? Dolly merupakan tempat lokalisasi di Surbaya dan sudah terkenal ke seluruh Indonesia, bahkan disebut-sebut terbesar se-Asia Tenggara. Tahun 2014 lalu walikota Surabaya, Tri Rismaharini memutuskan menutup Dolly untuk selamanya.

Setelah ditutup, denyut kehidupan di kawasan itu sempat mati. Warga protes karena tak bisa mencari uang lagi. Namun kini denyut nadi perekonomian Gang Dolly sudah mulai bangkit usai ditutupnya lokalisasi.

Masyarakat setempat dan mantan Pekerja Seks Komersial (PSK) di Gang Dolly sudah banyak beralih profesi menjadi perajin kerajinan tangan. Salah satu yang menjadi andalan Dolly  yakni batik. Gang Dolly pun saat ini sudah dikenal sebagai sentra batik tulis.

Baca juga:
Batik Girl, Boneka Barbie untuk Kado Si Buah Hati
Inilah Motif Batik Khas Kediri

Salah satu motif batik dari Kampung Dolly yang mulai terkenal adalah Batik Jarak Arum. Sebenarnya Jarak bukan batik tulis asli Gang Dolly. Batik itu berasal dari Gang Jarak, sebuah gang yang berada di dekat Dolly.

Batik Jarak Arum menggunakan ikon daun jarak, kupu-kupu, dan kepompong. Mengenai warna, batik ini cenderung menggunakan warna-warna cerah yang mendefinisikan cerahnya masa depan warga sekitar Gang Dolly.

Berkat kerja keras seorang wanita bernama Fitria Angraini, Batik Jarak Arum bisa berkembang pesat dengan sentra produksi di Gang Dolly. Awalnya, Fitria merupakan salah satu orang warga yang terdampak karena penutupan lokalisasi tersebut.

“Dulu saya penjahit, bikin baju pekerja seks, mulai dari bahan sampai jadi. Waktu  itu omsetnya Rp 5 sampai 9 juta tiapbulan. Saat Dolly ditutup tidak ada penghasilan, anak-anak tidak ada yang pesan (baju) lagi,” jelasnya.” kata Fitria, seperti dikutip Arah.com.

Fitria mau bangkit dan melupakan masa lalunya. Kini Fitria memimpin kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan nama ‘Batik Tulis Jarak Arum’ yang beranggotakan 10 orang.

“Alhamduliih sekarang pesanan sudah lumayan banyak, kemarin dapat pesanan 24 (potong) dari Disnaker, ini tadi ada pesenan dari bandung 30 sama 10 batik,” ujarnya.

Batik Jarak Arum bisa dibeli mulai Rp 125 ribu sampai Rp 1 juta. Untuk mendapatkannnya, kamu juga tak perlu jauh-jauh datang ke Surabaya karena saat ini Batik Jarak Arum sudah banyak dijual di dunia maya.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *