Begini Cara Membuat Kalung Batik

Kain batik sisa atau kain perca yang tidak terpakai saat ini sudah banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan tangan. Mulai dari tas laptop batik, sendal rumah, hingga bros dari kain batik bisa memanfaatkan sisa kain ini.

Tapi pernahkah kamu mendengar kalung dari kain batik? Kalung kain batik ini terlihat cantik saat dikenakan oleh kaum hawa. Bahkan tak terlihat seperti kalung yang dibuat dari kain bekas. Berikut bahan dan cara membuat kalung kain batik.

Baca juga:
Tips Tampil Cantik dan Mempesona dengan “Lilitan” Batik
Batik Cepat Rusak Saat Disimpan di Lemari? Baca Tips Ini

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Kain batik atau bisa juga menggunakan batik perca
  • beads atau alternatif lain menggunakan dacron
  • kawat kecil atau ring kecil yang biasanya digunakan sebagai tempat pengait gantungan kunci.

Alat:

  • Gunting
  • Pulpen/spidol
  • Jangka
  • tang kawat
  • Jarum dan benang jahit
  • penggaris

Cara membuat:

  1. Buat lingkaran pada kain batik dengan menggunakan jangka. Diameter dan ukuran sesuai selera. Untuk membuat perbandingan, kamu bisa mencoba membuat lingkaran dengan diameter yang berbeda, sehingga kamu mengetahui berapa jumlah bulatan yang bisa dilingkari.
  2. Setelah selesai membuat lingkaran, langkah selanjutnya memasukkan beads atau dacron ke dalam kain batik tersebut. Jika kamu menggunakan dacron, isi sampai padat menggempal kemudian dijahit membentuk sebuah kelereng.
  3. Setelah terbentuk bulatan-bulatan, kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  4. Buat pola persegi panjang pada kain batik perca. Panjang kalung bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Perhitungkan juga apabila kamu mau membuat kalung batik bertumpuk.
  5. Jahit sisi kiri dan kanan kain batik. Saat membuat pola, sebisa mungkin membuat kampuh atau jarak minimal 1 cm di setiap sisinya.
  6. Jahit sisi kiri dan kanan. Balik kain dengan sisi motif batik disembunyikan di bagian belakang. Jangan menjahit sisi atas dan bawah, karena itu tempat untuk memasukkan beads atau dacron.
  7. Masukkan beads atau bulatan dacron satu persatu ke dalam kain batik persegi panjang tersebut.
  8. Berikan pemisah setiap beads atau bulatan dacron dengan memakai kawat. Bagi kamu yang tak mau repot, bisa menggunakan ring kecil sebagai pemisah. Ring ini biasanya digunakan untuk membuat souvenir gantungan kunci.
  9. Ikat mati sisi atas dan bawah agar bulatan tidak terjatuh.
  10. Terakhir, jahit sisi atas dan bawahnya.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *