Memilih Busana Batik Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Batik saat ini menjadi busana favorit di masyarakat Indonesia. Batik bisa digunakan untuk semua kebutuhan, mulai dari bekerja, maupun berpesta. Mulai beberapa tahun ke belakang, tak hanya orang indonesia, warga negara asing juga serung menggunakan batik berbagai kegiatan.

Motif dan model batik juga terus berkembang mengikuti tren mode di Indonesia. Bagaimana cara yang baik untuk memilih batik yang sesuai bentuk tubuh?

Baca juga:
Batik Cepat Rusak Saat Disimpan di Lemari? Baca Tips Ini
Begini Cara Memilih Pakaian Batik Untuk Buah Hati Anda

Warna

Yang pertama kali harus diperhatikan saat memilih batik adalah warna yang akan digunakan. Setidaknya ada dua warna dalam batik yakni warna dingin dan hangat. Warna dingin biasanya cocok untuk kamu yang memiliki warna kulit cerah. Pilihan warna dingin antara lain biru, kuning, atau hijau muda.

Sedangkan warna hangat cocok bagi mereka yang memiliki kulit gelap. Mereka bisa menggunakan warna oranye, kuning, pitch, atau cokelat tanah.

Motif

Motif biasanya digunakan untuk menyamakannya dengan bentuk tubuh kamu. Setidaknya ada dua motif batik yang ada saat ini yakni motif mikro, atau rapat-rapat dan motif besar, atau renggang.

Motif mikro lebih cocok untuk kamu yang memiliki tubuh langsing. Motif mikro akan membuat kamu terlihat lebih sintal dan cantik saat tampil di depan publik.

Sedangkan motif besar lebih cocok untuk mereka yang bertubuh gemuk dan kurang percaya diri. Hal ini bisa membuat kamu terlihat lebih kurus. Salah satu motif besar yang bisa kamu kenakan yakni motif truntum.

Selain motif dan warna, dalam pemiliha busana batik juga perlu dilihat kegunaannya. Contohnya, untuk keperluan bekerja di kantor, pilihlah batik dengan motif-motif yang konservatif dengan warna yang lebih kalem dan siluet busananya harus sederhana.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *